Manfaatkan DAK, Pemkab Kuansing Bangun Empat Pasar Baru

id manfaatkan dak, pemkab kuansing, bangun empat, pasar baru

Manfaatkan DAK, Pemkab Kuansing Bangun Empat Pasar Baru

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau akan membangun empat pasar baru dengan menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017 dalam rangka membantu perekonomian masyarakat.

"Pasar berada di empat kecamatan, saat ini dalam proses lelang," kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuantan Singingi Tarmis di Teluk Kuantan, Kamis.

Ia mengatakan masyarakat di setiap kecamatan berharap pasar rakyat dibangun untuk membantu meningkatkan perekonomian warga setempat sehingga mereka tidak perlu pergi jauh menuju pusat Kota Taluk untuk bertransaksi dan melakukan kegiatan jual beli.

Pembangunan pasar sebagai tempat transaksi jual beli hasil pertanian dan memenuhi kebutuhan masyarakat direncanakan berada di Koto Rajo Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, Pasar Desa Geringging Baru Sentajo Raya, Pembangunan Los Pasar Bumi Mulya Logas Tanah Darat, dan Pembangunan Los Pasar Desa Sungai Paku Singingi Hilir.

Panitia telah melakukan proses lelang untuk kegiatan pembangunan pasar yang menjadi harapan masyarakat Kuansing tersebut, diyakini bulan Agustus 2017 sudah bisa memulai pekerjaan.

"Ini harapan masyarakat agar proses kegiatan ekonomi masyarakat berjalan lancar," sebutnya.

Selain pembangunan pasar melalui Dana DAK, juga dilakukan rehabilitasi/renovasi Pasar Lubuk Jambi Kecamatan Kuantan Mudik, pembuatan pagar Pasar Koto Rajo Kuantan Hilir Seberang dan rehabilitasi/renovasi Pasar Pangkalan Pucuk Rantau.

"Selain itu ada kegiatan yang menggunakan APBD Kuansing yakni program rehabilitasi atau renovasi pasar," ujarnya.

Jika pembangunan itu selesai tahun 2017, masyarakat Kuansing lebih mudah untuk mendistribusikan hasil pertanian ke pasar untuk dijual belikan kepada konsumen, selain itu mempermudah warga untuk kepasar karena letaknya tidak jauh dari pemukiman penduduk.

"Tumbuhnya pasar tradisional di setiap kecamatan akan meningkatkan ekonomi," tegasnya.