Bupati Kampar Harapkan Bantuan Alsinta Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

id bupati kampar, harapkan bantuan, alsinta tingkatkan, ekonomi masyarakat

Bupati Kampar Harapkan Bantuan Alsinta Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Kampar (Antarariau.com) - Kelompok Tani Babussalam mendapatkan bantuan Traktor, bantuan dari tim Upaya Khusus (Upsus) peningkatan produksi Padi, jagung dan kedele dari Kementerian Pertanian dan Holtikultura, yang bertujuan agar Kabupaten Kampar bisa Swasembada Beras dua tahun kedepan.

Bupati Kampar, Azis Zaenal memberikan Apresiasi atas bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) yang diberikan oleh kementerian tersebut, dengan adanya alat pertanian yang canggih, diharapkan pertanian khususnya petani padi yang ada di Kabupaten Kampar bisa lebih giat bekerja yang bermuara pada peningkatan produksi padi.

Begitu dikatakan Azis Zaenal usai mencoba langsung alat pengurai tanah dengan traktor singkal dan traktor rotari di lokasi lahan pertanian padi milik kelompok tani Babussalam, Desa Pulau Tinggi Kecamatan Kampar, Rabu (26/7).

" dengan adanya alat traktor rotari dan singkal ini, saya berharap petani bisa bekerja lebih giat lagi, karena tidak perlu lagi kotor -kotor menggunakan cangkul, dan kerjanya bisa lebih cepat" ujar Azis.

Diharapkan ke depan tidak ada lagi sejengkal tanah pertanian pun yang kosong di Kabupaten Kampar, manfaatkan lahan yang ada dengan sebaik mungkin agar masyarakat kita tidak lagi bergantung soal beras dari daerah lain.

Bupati juga berharap, dengan adanya bantuan Alsintan dari Kementerian Pertanian RI, ditambah dengan sistem yang sudah modernisasi dan memaksimalkan pola atau sistem intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian yaitu melalui intensifikasi adanya pupuk yang bagus, benih, irigasi dan pengolahan yang bagus akan menciptakan ekstensifikasi yaitu bertambahnya lahan, hasil pertanian dapat meningkat pula,ujarnya.

Sementara itu, Ketua tim Upsus Pajale, Ibu mewah mengatakan, jangan ada lahan tidur di Kampar , agar kita bisa makmur, bisa menyekolahkan anak dan hidup sejahtera, kami dari kementerian akan selalu memberikan perhatian kepada masyarakat Kabupaten Kampar bila kepala daerahnya pro aktif ke Kementerian untuk meminta apa yang dibutuhkan masyarakat dibidang pertanian yang bermuara pada peningkatan produksi pertanian.

Pewarta :
Editor: Netty Mindrayani
COPYRIGHT © ANTARA 2017