Bantu Perekonomian Masyarakat, Pemkab Kuansing Salurkan Bantuan Bibit Sawit Unggulan

id bantu perekonomian, masyarakat pemkab, kuansing salurkan, bantuan bibit, sawit unggulan

Bantu Perekonomian Masyarakat, Pemkab Kuansing Salurkan Bantuan Bibit Sawit Unggulan

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau segera akan menyalurkan ratusan ribu bibit sawit unggulan untuk masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan membantu warga.

"Proses penyaluran bibit sawit untuk petani di Kuansing telah hampir selesai," kata Kepala Dinas Pertanian Kuantan Singingi (Kuansing), Maisir di Teluk Kuantan, Minggu.

Ia mengatakan, sebagaimana yang menjadi harapan masyarakat selama ini ingin memiliki bibit sawit unggulan akan direalisasikan, Instansi ini memprogramkan terwujud pada bulan Oktober 2017 mendatang dan petani penerima sesuai persyaratan yang ditetapkan.

Dinas Pertanian akan menyalurkan sebanyak 150.000 bibit sawit untuk 15 kecamatan, jadi saat ini hanya tinggal menunggu waktunya saja lagi, karena verifikasi Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) telah dilakukan.

" kami sudah memverifikasi terhadap petani yang akan memperoleh bantuan tersebut," sebutnya.

Menurutnya, proses dimulai dari calon petani maupun lokasinya juga telah ditinjau langsung dan bahkan pendataan penerima sehingga diyakini tidak ada persoalan lagi, namun demikian berharap semua pihak mendukung program pemerintah ini.

" Persyaratan untuk memperoleh bantuan bibit sawit tersebut yakni masyarakat ataupun petani mengajukan permohonan dengan dilengkapi dengan surat lahan," ujarnya.

Jika lahannya tidak ada bagaimana bisa memperolehnya, makanya harus tersedia lahan yang dibuktikan dengan surat kepemilikan, prosesnya diyakini berjalan dengan baik karena tim sudah bekerja optimal.

Program pemberian bibit sawit unggul sudah menjadi janji Bupati Kuansing Mursini dan Wakil Bupati Halim selama ini, karena terlihat hasilpanen masyarakat minim jika dibandingkan dengan prodksi milik perusahaan dan untuk itu dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat lebih baik.

" Petani hendaknya nanti dapat memelihara dan menjaga tanaman ini dengan optimal, agar hasilnya dapat membantu ekonomi," pintanya.