Jelang Seminar Kelapa Internasional, Pemkab Inhil Matangkan Berbagai Persiapan

id jelang seminar, kelapa internasional, pemkab inhil, matangkan berbagai persiapan

Jelang Seminar Kelapa Internasional, Pemkab Inhil Matangkan Berbagai Persiapan

Tembilahan (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir melalui Dinas Perkebunan terus mematangkan persiapan pelaksanaan Seminar Kelapa Internasional yang akan digelar sempena peringatan Hari Kelapa Sedunia (World Coconut Day) pada 9-11 September 2017.

Kepala Dinas Perkebunan Inhil, Tantawi Jauhari di Tembilahan, Senin, mengatakan persiapan kegiatan yang merupakan salah satu rangkaian dalam peringatan Hari Kelapa Sedunia itu adalah berkoordinasi kepada sejumlah petinggi atas kesediaan mereka untuk menjadi narasumber pada acara seminar tersebut.

"Seperti diantaranya kemarin saya telah bertemu dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) pak Bambang sebagai pemateri, serta Prof.Sudirman di NTB," ujar Tantawi Jauhari.

Selain itu, ia mengaku juga telah meminta kesediaan Direktur PT Sambu, Kepala Balai Penelitkan Tanaman Palma (Balit Palma) Manado dr. ismail maskromo serta salah seorang petinggi Prancis yang saat ini masih dalam proses.

"Semua sudah ada progresnya, dan alhamdulillah secara keseluruhan direspon dengan baik," ucapnya.

Sejak Inhil didaulat sebagai tuan rumah peringatan Hari Kelapa Sedunia, pemerintah setempat terus menggesa dan mematangkan segala persiapan. Terkait pelaksanaan ini pula, Dinas Perkebunan dipercaya untuk mengkoordinasikan kegiatan Seminar Kelapa Internasional.

"Jika diperkirakan, secara keseluruhan persiapan kegiatan ini sudah mencapai sekitar 75 persen, begitupula undangan kepada pemateri yang pada umumnya menyatakan bersedia" ungkapnya.

Lebih lanjut Tantawi mengatakan, selain Seminar Kelapa Internasional, banyak sekali perlombaan dan kegiatan yang akan merangkai peringatan Hari Kelapa Seduia, seperti kegiatan expo, temu bisnis, penyajian 500 jenis makanan berbahan dasar kelapa, Field Trip menuju kebun kelapa rakyat, serta pemecahan rekor dengan meminum 10.000 butir air kelapa muda secara serentak.

Tidak hanya itu, Pemerintah Inhil juga sedang merumuskan sebuah rancangan Mega Proyek pengembangan perkelapaan yang nanti akan ditawarkan secara langsung kepada Presiden saat Festival Kelapa Internasional berlangsung.

Oleh: Adriah Akil