Biaya Perjalanan Calon Jamaah Haji Dari Inhil Ke Batam, Gratis!!

id biaya perjalanan calon jamaah haji dari inhil ke batam gratis

Biaya Perjalanan Calon Jamaah Haji Dari Inhil Ke Batam, Gratis!!

Tembilahan (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Riau bekerjasama dengan Kementerian Agama setempat kembali menggratiskan biaya lokal keberangkatan haji bagi para Jemaah Calon Haji dari kota Tembilahan menuju Batam Kepri.

"Dalam pemberangkatan Jemaah Calon Haji, pastinya dibutuhkan transportasi dan akomodasi. Kedua hal tersebut juga tentu membutuhkan biaya yang terkadang terasa membebani para jemaah. Di Inhil, sejak 2014 lalu, kami telah meniadakan biaya untuk kedua hal tersebut. Biaya lokal tersebut telah ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Inhil sebagai wujud komitmen dan kepedulian," ungkap Bupati Wardan.

Ia mengatakan, sebenarnya kebijakan tersebut telah diterapkan sejak tahun 2014 lalu, elain sebagai wujud kepedulian itu juga bertujuan membantu meringankan beban para jamaah.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Inhil juga berencana akan memberikan fasilitas yang lebih kepada para jemaah calon haji di tahun mendatang.

"Hal ini memang baru sebatas gagasan yang kemudian akan kita bahas bersama pihak DPRD Inhil. Semoga saja, rencana ini dapat direalisasikan sehingga dapat lebih memberikan kelancaran keberangkatan para Jemaah Calon Haji asal Inhil kedepan," tuturnya.

Bupati Muhammad Wardan saat melepas keberangkatan 237 orang Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Indragiri Hilir yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 8 menuju embarkasi Batam di Mesjid Al-Huda kota Tembilahan mengungkapkan, jumlah Jemaah Calon Haji yang berasal dari Kabupaten Inhil untuk tahun 2017 mengalami peningkatan yakni sebanyak 422 orang jika dibandingkan dengan tahun 2016 lalu.

"Sebenarnya, Pihak Pemerintah Kabupaten Inhil berencana menggabungkan 422 Jemaah Calon Haji ini dalam satu kloter saja, namun ternyata dalam mempersiapkan kelengkapan dokumen keberangkatan, seperti Visa, Kementerian Agama tidak bisa menerbitkannya sekaligus sehingga harus dibagi kedalam beberapa kloter," kata dia.

Pemberangkatan 422 orang Calon Jemaah Haji Kabupaten Inhil tahun 2017 ini, dibagi menjadi 4 kloter, dengan jumlah Jemaah yang berbeda pada masing-masing kloter.

"Kemarin, di kloter 4 kita sudah memberangkatkan 174 orang jemaah, begitu pula dengan kloter 7 ada enam orang jemaah. Kloter 8 ini ada 237 orang jemaah. Nanti, di kloter 15 sebagai kloter terakhir, kembali akan kita berangkatkan sebanyak lima orang jemaah," paparnya.

Terakhir, kepada seluruh jemaah calon haji yang siap untuk diberangkatkan, bupati berpesan, agar dalam melaksanakan ibadah haji dapat senantiasa menjaga kesehatan karena perubahan iklim yang terjadi sangat drastis kala memasuki tanah Arab sehingga tujuan dalam menunaikan ibadah haji guna mendekatkan diri kepada Allah SWT dapat tercapai.

"Disamping itu, karena para jemaah calon haji sekalian adalah duta Inhil sekaligus duta Indonesia disana, tolong jaga nama baik kita. Disana, para jemaah akan bergabung dengan seluruh umat muslim dari seluruh penjuru dunia, jaga dan kendalikan tingkah laku karena hal itu akan menggambarkan Negara kita, menggambarkan Negeri kita. Selama ini, kita dikenal oleh mereka sebagai bangsa yang santun dan baik serta taat melaksanakan ibadah haji," imbaunya.

Pada kegiatan pelepasan ini, terhadap 237 orang Jemaah Calon Haji ini juga dilakukan prosesi tepuk tepung tawar oleh Bupati Wardan beserta Istri serta oleh segenap Unsur Forkopimda Kabupaten Inhil yang turut hadir mendampingi Bupati. (ADV)