Ratusan Penari Siap Meriahkan Pelaksanaan Pacu Jalur Kuansing 2017

id ratusan penari, siap meriahkan, pelaksanaan pacu, jalur kuansing 2017

Ratusan Penari Siap Meriahkan Pelaksanaan Pacu Jalur Kuansing 2017

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Ratusan penari dari Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau akan tampil pada pembukaan festival pacu jalur di Tepian Narosa Kota Teluk Kuantan yang bertemakan "Pacu Jalur Menyapa Dunia" 2017.

"Sebanyak 300 penari tampil menyambut undangan, meriahkan hari jalur," kata penanggungjawab sukses tari pembukaan festival jalur 2017, Epi Martison di Teluk Kuantan, Selasa.

Ia mengatakan, semua penari sedang mempersiapkan diri untuk tampil pada acara bertaraf nasional tersebut, sebagaimana tahun 2016 sebelumnya ratusan anak Kaunsing membawakan tari mangonji, 2017 undangan dan masyarakat di hibur dengan seni yang lebih memukau.

Sebanyak 300 penari saat ini mulai berlatih dikomplek rumah godang Kenegerian Teluk Kuantan di kawasan Karak desa Pulau Aro, Koreografer tari handal asal Kuansing, Epi Martison yang dipercaya kembali mempersiapkan tari massal.

" Tema yang diusung pada festival jalur akan di ilustrasikan dalam sebuah tarian menarik," sebutnya.

Epi Martison menjelaskan, gerakan yang ditampil berupa proses pembuatan jalur dan pacu itu sendiri, dimulai dari mengguguah canang mengundang warga untuk rapat pembuatan jalur dan menebang kayu, maelo atau menarik kayu jalur, melayur jalur hingga berpacu.

Prosesi hingga menjadi jalur yang siap difestivalkan akan terlihat dalam tarian tersebut, ddalam hal ini yang terpenting menunjukan bahwa sangat penting kebersamaan dalam membangun daerah.

" Gerakan pacu sebagai simbol tidak ada prestasi yang diperoleh tanpa latihan yang keras, disiplin dan semangat serta kepercayaan diri," ujarnya.

Pesan lain yang diusung adalah mengingatkan pentingnya menjaga kearifan lokal nenek moyang dalam menjaga lingkungan dimasa lalu yang masih dapat dinikmati anak cucu sampai kini.

" Pacu jalur tidak akan dapat berlangsung tanpa kayu dihutan," tegasnya.

Jalur tidak akan dapat dipacu tanpa ada air disungai Kuantan, menjaga lingkungan dan hutan salah satu poin penting yang disadari bersama.

" Tugas bersama pula menjaga tradisi tetap berlangsung sehingga anak cucu," terangnya.

Seni budaya adalah hiburan masyarakat, sebagai tuan rumah festival semua pihak harus memberikan yang terbaik kepada masyarakat luas terutama penonton dan pengunjung.