Satu Pleton Satpol PP Pekanbaru Bersihkan Spanduk Di Pohon

id satu pleton, satpol pp, pekanbaru bersihkan, spanduk di pohon

Satu Pleton Satpol PP Pekanbaru Bersihkan Spanduk Di Pohon

Pekanbaru (Antarariau.com) - Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pekanbaru menurunkan satu pleton tim pembersih baliho, spanduk dan poster yang menempel di pohon dan taman jalan protokol setempat, demi keselamatan tanaman dan keindahan wilayah.

"Kami sudah beberapa hari ini mulai lakukan pembersihan semua baliho, spanduk dan poster yang ditempel pada pohon pelindung jalan protokol," kata Komandan Batalion Satpol-PP Anwar di Pekanbaru, Selasa.

Anwar menjelaskan belakangan pepohonan di taman dan jalan protokol dipenuhi tempelan baliho dan spanduk iklan termasuk foto dan kampanye bakal calon Gubernur Riau.

Situasi ini jelas melanggar aturan penayangan spanduk dan baliho di Pekanbaru yang melarang pohon sebagai media tempel.

"Makanya kami sisir dan bersihkan," tutur Anwar.

Menurut Anwar selain merusak keindahan dan pemandangan keberadaan baliho dan spanduk di pohon juga mengganggu kelangsungan dari kehidupan tanaman yang sengaja ditanam untuk jadi pelindung dan penghijauan.

"Ini rawan mematikan tanaman pohon yang sengaja ditanam Pemko karena penempelan menggunakan paku dan kayu," ujarnya.

Ia menjelaskan pada saat ini jalan protokol yang jadi sasaran pembersihan adalah sepanjang Sudirman dari atas hingga bawah, Arifin Achmad, Sokarno Hatta, Subrantas, Tabek Gadang.

"Targetnya tiap hari sampai bersih," tegasnya.

Selain menempel di pohon tambah dia petugas juga akan membersihkan baliho yang sudah kadaluarsa masa tayangnya oleh pelaku usaha tidak diturunkan. Karena tidak lagi membayar pajak akan merugikan pemko.

"Tidak sedikit juga baliho ekspayer masih tetap tayang kami turunkan," tuturnya.

Ditanya jumlah barang bukti sitaan ia menambahkan tiap hari pihaknya mampu mengamankan dua truk baliho dan kayu penyangganya.

"Baliho yang kami sita tiap hari banyak mencapai dua truk," tambahnya.

Pantauan antara dilapangan belakangan pohon pelindung dan penghijau di seputaran Kota Pekanbaru sering ditempeli baliho, spanduk dan poster oleh oknum bakal calon Gubernur Riau yang mencoba curi start kampanye. Selain juga pelaku usaha yang promosi gratis dengan ilegal.

Mereka tanpa perasaan menempel dan memaku pohon dengan baliho, bahkan tidak peduli akan keberlangsungan pohon.

Ini terlihat juga dari jumlah baliho dan poster yang diamankan satpol-PP Pekanbaru kebanyakan foto kampanye bakal calon Gubernur dan beberapa iklan.