8 MW Listrik Di Pekanbaru Tak Dimeterisasi

id 8 mw, listrik di, pekanbaru tak dimeterisasi

Pekanbaru, 4/5(ANTARA)- Sebanyak 8 Mega Watt (MW) listrik di Pekanbaru yang berasal dari Penerangan Jalan Umum (PJU) tidak dimeterisasi atau tidak punya alat ukur dari Perusahaan Litrik Negara (PLN) Pekanbaru.

Manajer Cabang PLN Pekanbaru, Ilham Santoso di Pekanbaru, Selasa, mengatakan meski tidak ada alat ukurnya, namun daya tersebut masuk dalam tagihan Pemerintah Kota Pekanbaru.




"Dari 18 MW daya pada PJU, hanya 10 MW yang mempunyai alat ukurnya. Kedepannya, kita akan melakukan meterisasi pada semua PJU," jelas Ilham.




Ia mengatakan dengan tidak adanya meterisasi tersebut membuat pemakaian PJU Pemko Pekanbaru tidak dapat dikendalikan, dan menyebabkan lonjakan biaya listrik pada saat pembayaran.




"Ditambah lagi, adanya resiko lainnya yakni masyarakat yang mengambil listrik untuk penerangan jalan tambahan," katanya.




Menurut dia, perilaku tersebut tidak dibenarkan. Namun pihaknya menyerahkan hal ini, kepada Pemko dikarenakan pengelolaan dan pengawasan PJU ada ditangan Pemko.




"Sekarang terserah Pemko, apa kebijakan yang akan diambil. Namun semakin banyak masyarakat yang mengambil listrik untuk penerangan jalan tambahan, yang merugi adalah Pemko dikarenakan harus membayar mahal," ujarnya.




Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Nofrizal, mengatakan untuk mengatasi hal tersebut pihaknya dalam waktu dekat akan meminta pada Pemko untuk memeterisasi sejumlah PJU yang belum dimeterisasi.




"Tujuannya jelas, untuk melakukan penghematan pada penggunaan PJU," ujarnya.