Pemkab Siak Rampungkan Data Laporan LPPD 2017

Siak (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Siak masih dalam tahap merampungkan data-data untuk Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) sebelum Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2017 digelar.

"Yang menjadi persoalan, belum lengkapnya data-data dari para OPD. Dikarenakan adanya perubahan SOTK, dan pembubaran beberapa instansi seperti Dinas Kehutanan, dan Dinas Sumber Daya Mineral dan Energi," ujar Pelaksana Tugas Asisten I Setdakab Siak L. Budhi Yuwono saat rapat pemuktahiran data dokumen pendukung indek kinerja LPPD dan profil Inovasi daerah kabupaten Siak di Ruang Raja Indra Pahlawan Kantor Bupati Siak, Rabu.

Dia mengatakan, rapat kali ini dilakukan untuk melengkapi data dari masing-masing OPD, agar bisa diserahkan ke Bagian Adminstrasi Pemerintahan Umum (Adminpum) Sekdakab Siak pada Jumat (11/8) mendatang.

"Sebab, menurut rencananya tim dari Kementerian Dalam Negeri akan datang untuk mengevaluasi dan menilai laporan LPPD Kabupaten Siak pada Senin depan (14/8)," katanya lagi.

Dari keterangan Budhi, dari evaluasi dan penilaian yang telah dilakukan pemerintah pusat terhadap LPPD Kabupaten Siak, daerah setempat sudah empat kali berturut-turut memperoleh laporan EKPPD terbaik se Riau, mulai dari tahun 2013-2016. 

Sementara itu Kabag Ortal Setda Kabupaten Siak Kharial Azmi menyampaikan bagi setiap OPD memiliki inovasi aplikasi yang mempermudah masyarakat dalam mendapatkan perizinan dan pelayanan. Selain itu, ada banyak program yang pro untuk menaikan kualitas hidup rakyat ke arah yang lebih baik.

"Kita akan melihat bagaimana pengelolaan kabupaten Siak dari segi Smartcity-nya. karena inovasi yang dilakukan melalui aplikasi dalam jaringan (daring) merupakan dambaan bagi masyarakat yang hidup di zaman serba 'online', karena semua lebih mudah dan cepat," terang Azmi.

Kharial menambahkan, setiap tahun LPPD penilaiannya harus mencangkup 780 indikator untuk mendapatkan pelredikat baik.