Jalan Amblas Di Pekanbaru Mulai Diperbaiki

id jalan amblas, di pekanbaru, mulai diperbaiki

Pekanbaru, 5/5 (ANTARA) - Setelah menunggu selama kurang lebih sepekan, Jalan Pastoran di Pekanbaru yang amblas hingga lima meter akhirnya diperbaiki Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pekanbaru mulai Rabu (5/5).

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kota Pekanbaru, Dadang Eko Purwanto di Pekanbaru, Rabu, mengatakan keterlambatan pihaknya memperbaiki jalan tersebut dikarenakan pada pekan lalu alat berat masih digunakan untuk pembangunan jalan di Kecamatan Tampan.




"Baru hari ini, dilaporkan alat tersebut akan diangkut ke Jalan Pastoran. Dikarenakan pekerjaan sudah selesai," ungkapnya.




Untuk mengantisipasi terjadinya amblas, pihaknya berinsiatif membuat gorong-gorong. Tujuannya, untuk mengalirkan air hujan yang selama ini melalui jalan tersebut.




"Setidaknya kita mengeluarkan dana hingga Rp100 juta untuk perbaikan jalan tersebut. Dana tersebut berasal dari dana taktis Dinas PU Pekanbaru," kata dia.




Aldi Bitner Hutajulu, Ketua RT 4 RW 3 Palas mengatakan pihaknya sangat senang dengan diperbaikinya jalan tersebut. Ia mengatakan selama sepekan terakhir jalan tersebut hanya bisa dilalui sepeda motor.




"Sehingga menyebabkan, masyarakat susah untuk melakukan kegiatan," kata dia.




Jalan yang menghubungkan antara kota Pekanbaru dengan desa Palas, Rumbai, amblas dikarenakan frekuensi hujan yang terus menerus terjadi di Pekanbaru. Sebelumya, jalan yang dibangun sejak 2006 lalu mempunyai lebar 6 meter. Namun perlahan-lahan berkurang dikarenakan amblas akibat hujan. Puncaknya terjadi pada pekan lalu yang menyebabkan amblas hingga lima meter dan tak bisa dilalui mobil.