Bupati Inhil Persiapkan Video Promosi Festival Kelapa Internasional

Tembilahan (Antarariau.com) - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, Riau Muhammad Wardan melakukan syuting video sebagai salah satu langkah persiapan penyelenggaraan Festival Kelapa Internasional (FKI) dalam rangka memperingati Hari Kelapa Dunia.

Pengambilan video dengan tagline "Mari Sukseskan Festival Kelapa Internasional" itu dilakukan di Parit Tanjung Pasir satu, Kelurahan Tanjung Pidada, Kecamatan Tempuling, Kamis.

"Di daerah ini, suasananya yang paling 'dapat' setelah dilakukan survei sejak beberapa bulan lalu. Jadi, pas kalau pengambilan video dilakukan di sini menjadi cerminan dari identitas kita sebagai negeri berjuluk 'Hamparan Kelapa Dunia'," ujar Bupati Muhammad Wardan, Kamis.

Ia mengemukakan, pemilihan lokasi syuting tersebut didasarkan pada kondisi daerah yang masih sangat asri dengan nuansa perkebunan kelapa yang sangat kental dengan deretan ratusan pohon kelapa yang menjulang tinggi, serta masyarakat setempat yang mayoritas berprofesi sebagai petani kelapa.

Selain itu, Kelurahan Tanjung Pidada, Kecamatan Tempuling ini juga merupakan lokasi salah satu rangkaian kegiatan pada peringatan Hari Kelapa Sedunia yakni pelaksanaan 'field trip' bagi para tamu asing nantinya.

Ia menambahkan, lokasi ini dipilih juga berdasarkan pertimbangan akses menuju lokasi yang baik dan relatif dekat dari Ibu Kota Kabupaten Inhil, Tembilahan.

Pada pengambilan video yang turut melibatkan masyarakat setempat ini, terlihat Bupati Wardan memperagakan gerakan yang disebut-sebut sebagai sebuah salam khas kelapa atau yang lebih dikenal dengan 'Salam Kelapa'. 'Salam Kelapa', yang disebut sebagai salam khas kelapa ini ditunjukkan Bupati Wardan sembari mengangkat kelima jari tangan kanannya dengan telapak tangan menghadap kedepan.

Sebelum proses pengambilan video dimulai, masyarakat setempat terlihat berbondong-bondong mendatangi lokasi syuting untuk sekadar "mengobati" rasa penasaran dibenak mereka atas kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Inhil tersebut.

Selain melakukan syuting, kedatangan Bupati Wardan yang turut didampingi oleh sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Inhil, juga bertujuan untuk meninjau aktifitas masyarakat petani kelapa setempat bahkan sempat berbincang ringan dengan beberapa masyarakat seputar persoalan perkelapaan di daerah tersebut. (ADV)

Oleh: Adriah Akil