Siswa Lulusan UN Susulan Bisa Masuk UI

id siswa lulusan, un susulan, bisa masuk ui

Dumai, 5/5 (ANTARA) -Para siswa yang lulus saat Ujian Nasional (UN) susulan dan memiliki kemampuan tinggi memperoleh kesempatan yang sama untuk masuk Universitas Indonesia (UI), kata Kepala Dinas Pendidikan Riau, H Irwan Efendi, Rabu. Kadisdik mengatakan, sebelumnya telah berkoordinasi dengan Kementrian Pendidikan Nasional tentang pembahasan tingkatan kelulusan siswa yang mengikuti ujian susulan dan menemukan hasil yang menyatakan kesetaraan siswa kelulusan UN tahap utama dengan siswa yang lulus pada tahap kedua atau ujian susulan.

"Tidak hanya itu, semua universitas negeri juga masih terbuka lebar untuk memberikan kesempatan bagi para siswa yang lulus dalam ujian susulan yang digelar tanggal 10 Mei nanti, baik universitas yang ada di Riau atau berstaraf Nasional bahkan Internasional, termasuk UI," katanya di Pekanbaru.

Apa yang disebutkan Irwan berpaku kembali pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 75 Tahun 2009 tentang Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2009/2010, yang menyatakan globalisai atas dunia pendidikan termasuk memberi kesempatan kedua bagi pencari ilmu pendidikan formal.

Irwan mengharapkan, pada kesempatan kedua nanti, tidak ada siswa yang gagal, sehingga dapat mencapai kesempurnaan mutlak pada dunia pendidikan di Riau.

"Untuk itu, kami tekankan kepada setiap sekolah melalui para guru yang ada di Provinsi Riau agar berulang kali mengingatkan kepada murid-muridnya untuk mengulas materi pelajaran yang akan diujikan dengan baik dan serius karena tingkat kelulusan ujian susulan ini tidak akan membedakan porsi dalam segala hal, tergantung lagi dari potensi masing-masing siswanya," tutur Irwan.

"Jadi bagi para siswa yang tidak lulus saat ujian kemarin, jangan sedih dan stres dulu, karena kesempatan yang sama masih terbuka lebar," ucap Irwan.

Di tempat terpisah, Ketua Panitia Pelaksana UN Dinas Pendidikan Provinsi Riau Raja Agustiarman, menambahkan, ujian ulangan dipastikan tidak akan menghambat siswa yang akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri(PTN), baik di Riau maupun diluar Riau.

Ia beralasan, waktu pelaksanaan UN dan pengumuman kelulusan siswa yang mengikuti UN ulangan tidak berbenturan dengan jadwal akhir penerimaan mahasiswa baru.

"Tidak lulus, siswa masih diberi kesempatan dan hasilnya sama dengan siswa yang lulus. Jadi tidak ada hambatan untuk mereka melanjutkan ke PTN nantinya. Bahkan saat ini soal UN ulangan tersebut sudah siap pakai," terang Ketua Panitia UN Riau yang juga Sekretaris Dinas Pendidikan Riau itu.

Menurut Agus, kebijakan ini adalah upaya Kemendiknas untuk memberikan hak yang sama untuk siswa melanjutkan ke pendidikan kejenjang yang lebih jauh lagi.

Dengan UN ulangan tersebut, kata Agus, siswa yang tidak lulus dipastikan akan mendapatkan hasil dan ijazah bersamaan dengan siswa yang sudah melaksanaan UN Utama yang dinyatakan lulus.