Dari 218 Desa Di Kuansing, Hanya 51 Yang Gelar Pilkades

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Sebanyak 51 desa di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, menyiapkan diri untuk pelaksanaan pemilihan kepala desa atau Pilkades serentak pada 2017.

"Semua aparat desa sudah menyiapkan diri, karena Pilkades digelar pada November 2017 di 12 kecamatan," kata Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Desa Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kuantan Singingi Nafisman di Teluk Kuantan, Jumat.

Ia mengatakan, total desa di Kuansing ada 218, namun ada yang sudah menggelar pemilihanan pada tahun lalu dan berkisar 25 persennya akan digelar tahun 2017.

Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi menyiapkan segala sesuatu berkaitan dengan hal tersebut agar semua berjalan lancar dan sesuai aturan, ini untuk pembangunan masyarakat di sejumlah desa tersebut.

" Kami yakin semua akan berjalan sesuai aturan," sebutnya.

Sedangkan jelasnya, rencana pemungutan suara akan dilaksanakan pada tanggal 22 November 2017 mendatang, adapun desa yang sudah siap menggelar program itu diantaranya, Kecamatan Kuantan Mudik sebanyak 5 desa antara lain Muara Tombang, Koto Cengar, Air Buluh, Aur Duri dan Pebaun Hilir dan Kecamatan Kuantan Tengah sebanyak 4 desa baik itu Sitorajo, Seberang Taluk Hilir, Jake. dan Koto Kari.

Kecamatan Inuman sebanyak 7 desa yakni Pulau Busuk Jaya, Seberang Pulau Busuk, Banjar Nan Tigo, Pulau Busuk, Pulau Panjang Hilir, Sigaruntang dan Bedeng Sikuran dan Kecamatan Singingi Hilir sebanyak 6 desa yaitu Simpang Raya, Koto Baru, Sungai Buluh, Bukit Raya, Muara Bahan, dan Sungai Paku.

" Dukungan semua pihak sangat diharapkan agar proses pembangunan semakin baik jika Plkades sukses digelar," pintanya.

Selain itu, Kecamatan Pucuk Rantau sebanyak dua desa yakni Ibul dan Setiang dan untuk Kecamatan Sentajo Raya sebanyak empat desa yaitu Desa Geringging Jaya dan Teratak Air Hitam, Pulau Kopung dan Parit Teratak Air Hitam.

Kecamatan Logas Tanah Darat sebanyak 11 desa diantaranya Suka Raja, Lubuk Kebun, Giri Sako, Hulu Teso, Sungai Rambai, Rambahan, Kuantan Sako, Teratak Rendah, Logas, Situgal, Sako Margasari dan Kecamatan Hulu Kuantan sebanyak tiga desa yakni desa Sungai Pinang, Sungai Alah dan Inuman.

Kecamatan Pangean sebanyak empat desa yaitu Sukaping, Tanah Bekali, Pauh Angit dan Pulau Rengas dan Kuantan Hilir Seberang sebanyak 1 desa yakni desa Koto Rajo serta Kecamatan Benai sebanyak 1 desa yakni desa Benai Kecil begitu juga dengan Kecamatan Cerenti sebanyak 1 desa yakni desa Tanjung Medan.