Dinas Pendidikan Akan Panggil Seluruh Kepala Sekolah

id dinas pendidikan, akan panggil, seluruh kepala sekolah

Dumai, 6/5 (ANTARA) - Kepala Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Riau H Irwan Efendi akan memanggil seluruh kepala sekolah karena tingkat kelulusan ujian nasional SMP 2010 hanya 92,28 persen dari 86.598 peserta.

"Seluruh kepala sekolah dipanggil untuk mengevaluasi penurunan mutu penddidikan di Riau dibandingkan tahun sebelumnya," kata Irwan kepada ANTARA saat dihubungi dari Kota Dumai, Kamis.

Ia mengatakan, dalam evaluasi tersebut, setiap kepala sekolah akan diberikan pengarahan tentang cara meningkatkan mutu dan kredibilitas tiap sekolah.

"Evaluasi juga akan menekankan kepada kepala sekolah untuk memberikan bimbingan kepada guru sehingga hasil UN di tahun depan dapat lebih baik dibandingkan tahun ini dan tahun sebelumnya," tuturnya.

Irwan menganggap penurunan angka kelulusan UN SMP harus menjadi cambuk untuk memacu semangat dalam memperjuangkan mutu pendidikan di Provinsi Riau.

Ia menyetakan bersyukur karena Riau tidak termasuk di antara 17 provinsi yang kepala dinas pendidikannya dipanggil Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) karena nilai UN yang buruk.

"Namun rasa syukur ini tidak membuat kami harus bangga karena pada dasarnya tingkat kelulusan siswa di Riau juga menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu, semua Kepala sekolah akan saya panggil untuk membahasnya," jelas Kadisdik.

Tingkat ketidaklulusan UN SMP tertinggi dialami Kabupaten Indragiri Hulu dengan 25,31 persen, disusul Kabupaten Kepulauan Meranti 13,77 persen, Pekanbaru 11,38 persen, Indragiri Hilir, 2,86 persen, dan Siak dengan 2,18 persen, serta Rokan Hilir 2,11 persen.