Terduga Teroris Di Rohil Dipastikan Sebagai Tokoh Pengumpul Dana Kelompok

id terduga teroris, di rohil, dipastikan sebagai, tokoh pengumpul, dana kelompok

Terduga Teroris Di Rohil Dipastikan Sebagai Tokoh Pengumpul Dana Kelompok

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kepala Kepolisian Daerah Irjen Pol Zulkarnain Adinegara menuturkan bahwa AP alias Rian, terduga teroris yang ditangkap oleh Detasemen Khusus 88 Anti Teror di Kabupaten Rokan Hilir merupakan salah satu koordinator pengumpul dana jaringan terorisme.

"(Penangkapan) ini pengembangan penangkapan di Sumatera Utara. Kemudian berkembang. Nah, di Riau ini (AP) salah satu koordinator pengumpul dan penyalur dana," kata Kapolda di Pekanbaru, Selasa.

Kapolda menjelaskan hal tersebut setelah dirinya turut serta melihat pemeriksaan yang dilakukan oleh Densus 88 Anti Teror di Markas Brimob Polda Riau, Pekanbaru, pagi tadi.

Secara umum, dia menuturkan bahwa substansi pemeriksaan merupakan wewenang dari Densus 88 Anti Teror. Namun, dia menuturkan bahwa kemungkinan besar terdapat jaringan lainnya yang sama dengan Rian di Provinsi Riau.

"(Dia mengakui) ada beberapa temannya di Riau. Mungkin nanti dikembangkan lagi," ujarnya.

Terlebih lagi, kata Kapolda, pemuda 25 tahun yang ditangkap di Jalan Pahlawan Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Senin sore kemarin (14/8), telah dua tahun berperan sebagai pengumpul dana.

Pasca penangkapan AP di Rokan Hilir, yang bersangkutan lalu digelandang ke Pekanbaru. Di Ibu Kota Provinsi Riau tersebut, Densus bersama jajaran Polresta Pekanbaru kembali melakukan penggeledahan di rumah AP yang beralama di Jalan Merpati Sakti, Pekanbaru, Senin malam.

Dari penggeledahan itu, polisi menyita sejumlah barang yang tertinggal di dalam rumah. Diantaranya dua buah laptop, beberapa kaset CD, Buku Fiqih Daulah Islamiah, dua buah telepon seluler, satu unit pemutar CD dan tujuh buah buku tabungan dengan nama berbeda serta satu buah samurai warna hitam.

Kemudian juga ditemukan slip tabungan dan bukti transfer bank serta beberapa lembar tulisan tentang alur cerita rencana kerja.

Dalam waktu dekat, lanjut Kapolda, Rian akan segera dibawa ke Mabes Polri untuk dilakukan pemeriksaan dan pendalaman lebih jauh.