124 Anak Ikut Partisipasi Kegiatan Pekan Anak Riau Di Bengkalis

id 124 anak, ikut partisipasi, kegiatan pekan, anak riau, di bengkalis

124 Anak Ikut Partisipasi Kegiatan Pekan Anak Riau Di Bengkalis

Bengkalis (Antarariau.com)- Sebanyak 124 anak yang tergabung dalam Forum Anak mengikuti Pekan Anak Riau Kabupaten Bengkalis yang dilaksanakan di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Selasa.

Tujuan dari kegiatan ini sebagai upaya pemenuhan hak partisipasi anak, selain untuk membentuk mental anak agar secara ceria dan gembira juga agar menjadikan anak-anak di Kabupaten Bengkalis menjadi Pelapor dan Pelopor atau 2P, kata Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Mustafa di Bengkalis, Selasa.

Dia mengatakan, materi yang disajikan dalam pertemuan yang berlangsung selama dua hari itu selain memperkenalkan Forum Anak, juga sharing pengalaman dan diskusi terkait permasalahan anak.

"Program pelopor dan pelapor merupakan materi tentang bagaimana Forum Anak bisa menjadi agent of change (pelopor) dalam pemenuhan hak-hak anak. Kemudian menjadi pelapor jika menemukan ada anak yang tidak mendapatkan hak-haknya secara wajar," katanya.

Dia menjelaskan, sesuai Undang-Undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak pasal 4 mengamanatkan bahwa, setiap anak berhak untuk dapat hidup tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

"Kita harapkan keberadaan Forum Anak memiliki tugas sebagai pelopor dan pelapor dalam pemenuhan hak dasar anak, dan sebagai pelopor, forum anak berada digaris depan pada lingkungan untuk menjadi pelopor anak-anak agar beriman, cerdas, dan berkarakter," ujar Mustafa lagi.

Kegiatan Forum Anak untuk memperkenalkan program 2P dilaksanakan serentak di seluruh kecamatan se Kabupaten Bengkalis.

Secara rinci, untuk Kecamatan Mandau dan Pinggir dilaksanakan di Gedung Pertemuan Kelurahan Air Jamban Kecamatan Mandau yang dihadiri 50 peserta, kemudian di Kecamatan Bengkalis dan Bantan dilaksanakan di Sekretariat Forum Anak Bengkalis yang dipusatkan di Dinas PP-PA Bengkalis, dihadiri 20 anak.

Selanjutnya untuk kegiatan Forum Anak di kecamatan Bukit Batu dan Siak Kecil menghadirkan 20 anak yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Siak Kecil. Begitu juga di kecamatan Rupat dan Rupat Utara yang diikuti sebanyak 34 anak dari kedua kecamatan itu, yang dilaksanakan di kantor Camat Rupat.