SMP Luar Biasa Dumai Raih Kelulusan Terbaik

id smp luar, biasa dumai, raih kelulusan terbaik

Dumai, 6/5 (ANTARA) - Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMP-LB) Kota Dumai, Riau, meraih kelulusan terbaik dalam ujian nasional (UN) dibandingkan sejumlah SMP negeri dan swasta lainnya.

Ketua Panitia UN Kota Dumai, Misdiono kepada ANTARA di Dumai, Kamis, mengatakan, dari jumlah peserta sebanyak 4.211 siswa yang terbagi atas 3.297 siswa SMP, 3 siswa SMP-LB, serta 911 siswa MTs, siswa yang ada di SMP-LB merupakan lulusan terbaik karena dapat lulus dengan nilai diatas rata-rata.

"Ketiga siswa itu mendapat nilai rata-rata diatas tujuh, angka tersebut sangat baik dibandingkan sekolah-sekolah normal yang nilai rata-rata kelulusannya juga ada yang 6,5," katanya.

Meski belum mendapatkan jumlah pasti angka kelulusan siswa di Kota Dumai, Misdiono sebelumnya telah mendapatkan informasi nilai rata-rata siswa dari Dinas Pendidikan Nasional (Disdiknas) Riau dengan kualifikasi seperti yang disebutkan.

"Untuk jumlah berapa yang lulus kami belum mendapat informasi serta rekap secara resmi. Untuk saat ini kami baru mendapat informasi nilai rata-ratanya saja," tuturnya.

Kedepan, Misdiono mengharapkan agar hal tersebut menjadi renungan bagi para siswa yang normal fisik untuk dapat lebih meningkatkan ketajaman serta keseriusan dalam mengayom ilmu di dunia pendidikan formal.

Misdiono mengaku bangga dengan ketiga siswa SMP-LB tersebut, karena meski soal yang diberikan sedikit lebih mudah dibandingkan siswa normal yang ada di 45 sekolah negeri dan swasta se Kota Dumai, mereka dapat menyelesaikannya dengan baik dan dengan hasil yang diatas rata-rata.

Dari pantauan ANTARA sebelumnya, ketiga siswa SMP-LB tersebut dua diantaranya mengalami cacat mata atau kebutaan, sementara seorang lainnya mengalami cacat mental.

Untuk lembaran soal yang diberikan, ketiganya menggunakan soal dengan bacaan yang menonjol hingga dapat dibaca dengan merasakan tonjolan setiap angka dan huruf yang berada pada lembaran soal yang diberikan panitia UN.