Warga Diminta Waspadai Angin Puting Beliung

id warga diminta, waspadai angin, puting beliung

Pekanbaru,6/5(ANTARA)- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mengatakan memasuki Mei ini masyarakat Riau hendaknya waspada dengan datangnya angin puting beliung.

Menurut Staf Analisa BMKG Pekanbaru, Aristya Ardhitama, angin puting beliung sangat berpotensi mengingat pada saat ini merupakan musim peralihan.

"Masyarakat Riau diminta waspada terhadap hujan deras dan angin kencang yang berpeluang terjadi hingga beberapa hari kedepan," ujar dia di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan terjadinya angin puting beliung perlu diwaspadai pada sore hari. Mengingat pada sore hari terjadi peralihan cuaca dari panas ke hujan yang sangat cepat.

"Hal ini dikarenakan pemanasan atau aktifitas konvektif yang tinggi di kawasan Riau. Hal ini disebabkan angin dari timur yang bertiup kencang, dan menghambat proses pembentukan awan, efeknya aktivitas konvektif menjadi tinggi sehingga menyebabkan hujan deras tiba-tiba," katanya.

Menurut dia perubahan drastis dari panas ke hujan inilah yang berpotensi menyebabkan angin puting beliung. Angin puting beliung beberapa hari lalu sempat menerjang Kabupaten Kampar dan menyebabkan belasan rumah rusak parah.

Sementara itu, salah seorang warga Kulim Pekanbaru Nurazizah, mengaku waspada pada saat peralihan musim kali ini, karena pada tahun lalu di daeranya tersebut dilanda angin puting beliung dan merusak beberapa rumah.