Dekranasda Dumai Promosikan Batik Khas Daerah

id dekranasda dumai, promosikan batik, khas daerah

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Dumai, Provinsi Riau, memperkenalkan kain batik khas daerah ini bercorak warna mendominasi kuning ditambah garis biru dengan memiliki makna tertentu.

Ketua Dekranasda Dumai Haslinar mengatakan, di Dumai, Rabu, mengatakan arti dan makna pada kerajinan batik khas Dumai ini terkandung didalam pola bergaris memanjang dari atas ke bawah bercorakkan biru dan kuning.

Menurutnya, pola garis memanjang warna dasar biru melambangkan kedamaian, kesuburan, dan kemakmuran, dipenuhi dengan motif tumbuhan saling berkait, merangkai daun dan bunga indah.

"Pada garis biru dimunculkan juga tujuh tangkai kelopak bunga berwarna merah bermakna legenda putri tujuh dumai, konon duduk bertahta ratu cik sima dengan kerajaan sri bunga tanjung," kata Haslinar, Rabu.

Kemudian, pola bergaris memanjang bercorak kuning, melambangkan kekuasaan, marwah dan kemuliaan serta lainnya, selain itu berisikan motif seperti pucuk rebung bermakna cikal bakal diharapkan atas perkembangan kedepan.

Selanjutnya, pada corak kuning ini ditambah dengan motif tugu lancang kuning sebagai salah satu ikon Dumai di Taman Bukit Gelanggang, dan di sisi lain terdapat motif perahu melambangkan kota pelabuhan bahari.

"Batik khas dumai ini diharapkan dapat digunakan pegawai, masyarakat atau perusahaan sebagai ikon daerah dan akan dipromosikan nantinya di gedung dekranasda," sebutnya.

Ditambahkan Istri Wali Kota Dumai Zulkifli As ini, selain dalam mewujudkan eksistensi kerajinan batik, pemerintah Dumai juga akan mempromosikan ciri khas potensi daerah dalam bentuk makanan maupun kerajinan produk lokal lain.

Berbagai potensi kerajinan tangan khas daerah bisa dioptimalkan dan dikembangkan di gedung dekranasda Dumai ini melalui galeri atau pameran produk unggulan sebagai strategi promosi dengan kemasan menarik.

Wali Kota Dumai Zulkifli As menilai, daerah ini menjadi lokasi transit bagi para pelaku usaha karena didukung keberadaan sejumlah terminal transpostasi massa untuk memudahkan akses keluar masuk Dumai.

"Diharap nantinya berbagai kerajinan atau produk kuliner lebih bisa dipromosikan di gedung dekranasda ini dan pelaku usaha mengembangkan produknya," kata Zul As.

Gedung promosi dan oleh-oleh Dekranasda Dumai di Jalan Jenderal Sudirman resmi digunakan pemakaian oleh Wali Kota Zulkifli As, dihadiri Ketua Dekranasda Riau Sisilita Arsyadjuliandi, Senin (14/8).