Fasilitas Tak Lengkap, Operasional RSUD Pekanbaru Teracam Tertunda Hingga 2019

id fasilitas tak, lengkap operasional, rsud pekanbaru, teracam tertunda, hingga 2019

Fasilitas Tak Lengkap, Operasional RSUD Pekanbaru Teracam Tertunda Hingga 2019

Pekanbaru (Antarariau.com) - Operasional Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Pekanbaru yang ditargetkan pada 2018 terancam tertunda hingga 2019, menyusul belum lengkapnya fasilitas dan peralatan kesehatan di rumah sakit tersebut.

"Selambat-lambatnya tahun 2019 kita operasikan," kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Rahmad kepada Antara di Pekanbaru, Rabu.

Menurut dia, anggaran yang dibutuhkan untuk melengkapi fasilitas dan peralatan kesehatan sebesar Rp135 miliar hingga kini masih belum dikabulkan oleh pemerintah pusat.

Kendala itu yang menyebabkan operasional Rumah Sakit (RS) Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Garuda Sakti Pekanbaru tidak kunjung difungsikan.

Selain belum tersedianya alat kesehatan, dia juga mengatakan secara fisik bangunan megah RS Pekanbaru itu belum terpasang instalasi listrik. Kemudian, bangunan megah dengan arsitektur atap kubah tersebut juga akan disempurnakan pada sejumlah sisi. Anggaran sebesar Rp66 miliar, kata dia akan kembali dikucukan pada tahun mendatang.

"(Anggaran) pembangunan fisik sebesar Rp125 miliar. Multi years tahun kemarin Rp80 miliar. Sisanya 2018 yang belum selesai butuh Rp66 miliar," tuturnya.

Lebih jauh, dia mengatakan selain mengandalkan APBN untuk melengkapi alat kesehatan, pihaknya juga akan mencoba berkomunikasi dengan Pemerintah Provinsi Riau.

"Kita upayakan APBD Provinsi. Proposal sudah kita masukkan. Mudah-mudahan ada respon yang baik," harapnya.

Selain menyiapkan alat kesehatan, dia juga menuturkan bahwa pihaknya secara beriringan akan menyiapkan tenaga kerja uyang akan bertugas di RS Pekanbaru itu. Diperkirakan RS tersebut akan menyerap 300 orang pegawai. Dia mengatakan Pemerintah Kota Pekanbaru telah menjalin komunikasi dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Pemerintah Kota Pekanbaru sebelumnya menargetkan RS Pekanbaru dapat beroperasi pada 2018 mendatang menyusul pembangunan gedung telah rampung awal tahun ini.

"Kami berharap tahun depan RSUD sudah dapat melayani masyarakat Pekanbaru," kata Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, M Noer beberapa waktu lalu.

Hingga kini ia mengatakan Pemerintah Kota Pekanbaru terus mendorong Dinas Kesehatan Pekanbaru untuk mempercepat pengadaan alat kesehatan karena dirinya tidak ingin bangunan RSUD kosong terlalu lama.

Pembangunan RSUD Pekanbaru yang dimulai sejak 2015 lalu. Pemerintah Pekanbaru sebelumnya sempat menargetkan RSUD Pekanbaru bertipe C itu dapat beroperasi 2017 ini, meski kemudian berpotensi kembali terlambat dari target awal.