Dinas Pertanian Lakukan Pemeriksaan Unggas Di Pekanbaru

id dinas pertanian, lakukan pemeriksaan, unggas di pekanbaru

Pekanbaru, 7/5 (ANTARA)- Dinas Pertanian Kota Pekanbaru melakukan penyisiran dan pemeriksaan terhadap unggas di perumahan warga Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Senapelan, daerah tempat tinggal JE (4), balita yang meninggal akibat flu burung.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kota Pekanbaru, Riyantoni, di Pekanbaru, Jumat mengatakan dari 150 unggas yang diperiksa sampel darahnya, tak satu pun ditemukan yang terkena virus H5N1 atau flu burung.

"Hasil pemeriksaannya diketahui negatif. Selain mengambil sampel, Dinas Pertanian juga menyemprotkan disinfektan dan vaksinasi," ujar Riyantoni.

Ia menambahkan, Dinas Pertanian tetap akan melakukan pemeriksaan terhadap unggas-unggas yang ada di Kelurahan Padang Bulan itu.

Menurut dia, penyisiran dan pemeriksaan unggas di Kelurahan Padang Bulan itu dilakukan secara pemetaan yakni 200 meter dari rumah kediaman Harapan Bagariang, orang tua dari JE.

"Kita lakukan pemetaan di sekitar rumah Harapan Bagarian itu, 200 meter keliling unggas yang di ambil sampelnya," ujarnya.

Harapan Bagarian yang tinggal di Jalan Sidomulyo, Gang Siderejo RT 10 Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Senapelan, mengatakan diwilayahnya tidak terdapat warga yang memelihara ayam. Sebelum anaknya masuk rumah sakitpun, anaknya tidak pernah kontak langsung dengan unggas.

"Tak ada warga yang memelihara ayam, dulu di rumah seberang itu memang bekas kandang ayam tapi sekarang sudah tidak ada lagi. Kematian Joice itu mungkin sudah takdirnya," ujarnya pasrah.

Joice meninggal dua pekan lalu di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru setelah sempat dirawat beberapa hari di rumah sakit tersebut karena flu burung.