Kesbangpol Linmas Sosialisasi Pemilukada Inhu

id kesbangpol linmas, sosialisasi pemilukada inhu

Rengat, 7/5 (ANTARA)- Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Rakyat (Kesbangpol Linmas) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) sosialisasikan pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) 3 Juni 2010.

Kepala Badan Kesbangpo Linmas Inhu Azharizman Rozie di Rengat, Jumat, mengatakan sosialisasi Tim Dukungan Kelancaran Pemilukada Inhu dilakukan di 14 kecamatan di daerah itu.

Ia mengatakan, target utama sosialisasi tersebut adalah kepada tokoh-tokoh masyarakat dan pemilih pemula di 14 kecamatan dengan jumlah peserta sekitar 700 orang.

"Dalam hal ini Kesbangpol Linmas Inhu akan mendatangkan nara sumber dari KPU Inhu, Panwaslu, Polres, Kajari serta dari pemda Inhu," katanya.

Ia mengatakan, sosialisasi pemilukada itu akan dilaksanakan selama sepekan dan dilakukan bertahap, artinya dalam satu hari ada tiga kecamatan yang dikunjungi Tim Kelancaran Pemilukada dengan narasumber yang berbeda.

Menurut dia, dalam survey Kesbang Polinmas sedikitnya 70 persen masyarakat Inhu sudah tahu kalau pada tanggal 3 Juni mendatang akan dilakukan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati untuk periode 2010-2015.

"Sedangkan tingkat partisipasi masyarakat Inhu dalam survey yang dilakukan Kesbangpo Linmas ada 80 persen masyarakat yang dipastikan akan memberikan hak suaranya," tambah dia.

Ia mengatakan, sebanyak 1.194 anggota linmas yang akan melakukan pengamanan dalam pemilukada nanti. Pengamanan ini langsung dilakukan setiap TPS dua orang anggota linmas.

"Kita berharap sebagai pemerintah daerah dengan adanya sosialisasi masyarakat tahu dan mengerti tentang haknya dalam pemilukada nanti," harapnya