Pemkab Bengkalis Berikan Penghargaan Adiwiyata Untuk 15 Sekolah

id pemkab bengkalis, berikan penghargaan, adiwiyata untuk, 15 sekolah

Bengkalis (Antarariau.com)- Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau melalui Dinas Lingkungan Hidup memberikan penghargaan Adiwiyata kepada 15 sekolah didaerah itu, bersempena peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia.

Penghargaan diberikan langsung oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin kepada masing-masing kepala sekolah, pada acara ramah tamah, di Wisma Daerah Sri Mahkota, Sabtu.

"Kami berharap sekolah peraih piala Adiwiyata tidak berpuas diri, dan terus berusaha dan berinovasi sehingga mampu meraih Piala Adiwiyata Mandiri," kata Bupati Bengkalis, Amril Mukminin.

Dia mengatakan, pendidikan tentang lingkungan hidup dianggap sangat penting, dan pandidikan itu juga harus dimulai dari tingkat sekolah terendah hingga tingkat yang lebih tinggi.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Arman AA, mengatakan untuk penilaian sekolah Adiwiyata ini, setiap kecamatan mengusulan tiga sekolah, sehingga total sekolah yang dinilai sebanyak 24 sekolah.

Dari nama-nama sekolah yang diusulkan lanjutnya lagi, diperoleh hanya 15 sekolah yang memenuhi, selebihnya tidak memenuhi nilai minimal 56.

"Terdapat empat komponen program yang menjadi satu kesatuan dalam mencapai Sekolah Adiwiyata yang masuk dalam penilai tim, yakni kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, serta pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Arman AA.

Menurut dia, banyak dampak positif bagi sekolah dan lingkungannya dari apa yang diamatinya selama penilaian sekolah Adiwiyata.

"Semoga kedepannya makin banyak lagi sekolah yang bergabung dalam Program Adiwiyata dengan maupun tanpa penghargaan," ujar Arman.

Adapun ke-15 sekolah yang mendapat penghargaan itu, terdiri dari 8 sekolah dasar, 6 SMP dan 1 SLTA. Secara rinci kedelapan SD tersebut, yakni SDN 50 Bengkalis, Kecamatan Bengkalis, SDN 59 Sebangar Kecamatan Mandau, SDN 21 Selat Baru Kecamatan Bantan, SDN 02 Batu Panjang, Kecamatan Rupat, SDN 06 Sepotong, Kecamatan Siak Kecil, SDN 27 Tasik Serai, Kecamatan Pinggir, SDN 11 Jangkang Kecamatan Bantan, dan SDN 08 Titi Akar Kecamatan Rupat.

Selanjutnya 6 SMP yang mendapat penghargaan Adiwiyata ini, SMPN 07 Bukit Batu, SMPN 01 Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, SMPN 01 Rupat Utara, SMPN 12 Pinggir, SMPN 04 Siak Kecil, SMPN 12 Bengkalis. Sedangkan untuk tingkatan SLTA, sekolah yang mendapat penghargaan berasal dari kecamatan Rupat, yakni SMKN 01 Rupat.