Gandeng 12 RS, Dinkes Riau Adakan Baksos Untuk Masyarakat

id gandeng 12, rs dinkes, riau adakan, baksos untuk masyarakat

Gandeng 12 RS, Dinkes Riau Adakan Baksos Untuk Masyarakat

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Provinsi Riau menggandeng 12 rumah sakit dan sembilan organisasi profesi menggelar Bakti Sosial Insan Kesehatan dalam rangka HUT Provinsi Riau ke-60 dan HUT RI ke-72 di Area Car Free Day Jl Diponegoro Pekanbaru, Minggu pagi.

"Ini sarana sosialisasi gerakan masyarakat sehat bagi warga Pekanbaru," kata Kepala Dinkes Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Minggu.

Pada basos ini ada aneka macam kegiatan yang dilakukan mulai menggelar cek kesehatan secara gratis, acara tersebut juga dilengkapi dengan konseling gizi, kampanye gerakan hidup sehat dengan senam sehat, makan buah bersama, dan bagi-bagi sayur gratis.

Selain itu permainan edukatif tentang kesehatan dan uji sampel makanan yang mengandung bahan berbahaya serta penyebaran informasi ke masyarakat mengenai bahan berbahaya yang ada di dalam pangan, hingga senam masal bersama Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

"Selain acara bakti sosial, berbagai acara menarik, juga diadakan diantaranya senam pagi, flashmob bagi-bagi sayur gratis, makan buah bersama, permainan ular tangga PHBS dan HIV/ Aids," tuturnya.

Intinya aneka kegiatan ini adalah untuk memggugah dan mengajak warga Pekanbaru menyadari pola hidup yang sehat dan berimbang antara gizi dan olahraga.

Mimin merinci dalam acara Bakti Sosial Insan Kesehatan ini juga akan ada pemeriksaan kandungan zat pada makanan jajanan oleh Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

"BPOM Pekanbaru lakukan uji sampel makanan yang mengandung bahan berbahaya serta penyebaran informasi ke masyarakat mengenai bahan berbahaya yg ada didalam pangan," ucapnya.

Selain itu ada aneka Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular berupa, cek tensi, gula darah, kolesterol, konseling gizi dan Indek Masa Tubuh.

Kampanye Germas melalui senam sehat, makan buah bersama, bagi-bsgi sayur gratis bersama Rumah Zakat.

Beberapa kegiatan bagian lainnya yakni konsultasi dan pemeriksaan kesehatan gigi dilakukan Persatuan Dokter Gigi Indonesia. Sementara dari Rumah Sakit Jiwa, membuka konsultasi kesehatan jiwa, test minat dan bakat.

Sementara RSUD Petala Bumi melayani Fisioterapy, pemeriksaan golongan darah dan gula darah, RSUD Arifin Ahmad menggelar senam asma, pemerikasaan tensi, gula darah dan kolestrol.