Empat Destinasi Wisata Kuansing Masuk Sertifikasi Nasional

id empat destinasi, wisata kuansing, masuk sertifikasi nasional

Empat Destinasi Wisata Kuansing Masuk Sertifikasi Nasional

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Sebanyak empat Destinasi objek wisata di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau masuk sertifikasi nasional sehingga wilayah ini layak djadi salah satu kunjungan wisatawan manca negara, hasil dapat mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Ini hasil perjuangan keras dan Alhamdulillah Kuansing bakal menjadi satu wilayah sasaran wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kuantan Singingi Marwan di Teluk Kuantan, Selasa.

Kepala Dinas (Kadis) mengatakan, Pemerintah Daerah Kuansing optimis ditahun mendatang jumlah objek wisata bakal bertambah menjadi rujukan nasional, empat yang sudah masuk sudah menjadi kebanggaan semua pihak karena dapat membantu ekonomi masyarakat jika jumlah wisatawan bertambah ke wilayah tersebut.



Masyarakat selama ini ikut berperan aktip mendukung program instansi terkait dalam rangka meingkatkan, mengelolasejumlah objek wisata lokal menjadi nasional seperti Perahu Begundang, Pacu jalur, Randai dan prosesi mandi balimau.

"Empat destinasi wisata itu bakal manjadi kunjungan wisatawan dunia," sebutnya.

Perahu begundang dinilai sangat religius, pacu jalur diikuti ratusan atlit dayung dan Randai adalah seni budaya tradisional serta prosesi mandi balimau menyambut bulan suci ramadhan, semua sudah berjalan ratusan tahun lalu yang hingga saat ini tetap lestari.

Menurut Marwan, masih banyak lagi objek wisata yang menjadi kebanggaan masyarakat didaerah maupun luar daerah yang terkelola dengan baik seperti Seni Silat Pengian, Silat Bertuah, Objek Air terjun, pemandian air panas, desa budaya, budaya religi.



Namun, upaya pemerintah maupun instansi terkait masih belum optimal karena minimnya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kuansing yang dikucurkan ke pengelolaan sejumlah objek manarik tersebut, untuk itusangat dibutuhkanperhatian pihak provinsi maupun pusat.

Seperti festival pacu jalur yang sudah ratusan tahun lalu di lestarikan, sudah dikenal dunia luas bahkan tahun 2017 akan diundang negara tetaggauntukikut ambil bagian memeriahkan event tersebut yang digelar di Tepian Narosa Kota Teluk Kuantan pada 23 - 28 Agustus 2017.



"Diperkirakan jutaan wisatawan akan mamadati Kota Teluk Kuantan dari berbagai provinsi," ujarnya.

Pada festival tahunan pacu jalur sudah beberapa kabupaten kota yang mendaftarkan diri mengikuti event tersebut, pada saat pergelaran banyak keuntungan dan peluang bisnis di geluti sejumlah pengusaha maupun Usaha kecil menengah seperti promosi hasil kerajinan, menjajakanberbagai produk lokal maupun nasional.

"Kota Teluk Kuantan dipenuhi lautan manusia," tegasnya.



Marwan yakin acara festival pacu jalur di Tepian narosa tahun 2017 bakal dibuka langsung oleh Kementrian Pariwisata karena surat permintaan sudah dikirim oleh Gubernur Riau, selain itu sebenarnya masyarakat dan pemerintah daerah berharap Presiden Republik Indonesia Joko widodo dan Wakil Presiden Yusup kala bakalhadir dan membuka secara langsung event nantinya. (Adv)