Maksimalkan Pelayanan, BPJS Kesehatan Buka Pendaftaran Di Pusat Perbelanjaan Modern

id maksimalkan pelayanan bpjs kesehatan buka pendaftaran di pusat perbelanjaan modern

Maksimalkan Pelayanan, BPJS Kesehatan Buka Pendaftaran Di Pusat Perbelanjaan Modern

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kantor BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru membuka loket pendaftaran di pusat perbelanjaan modern Plaza Suzuya guna memudahkan masyarakat melakukan pendaftaran menjadi peserta JKN-KIS.

"Warga cukup membawa Kartu Keluarga (KK), KTP dan di sela berwisata belanja mereka bisa melakukan pendaftaran sendiri atau keluarganya ke BPJS Kesehatan. Di sini warga akan dilayani dua petugas BPJS Kesehatan," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru Eddy Martadinata di Pekanbaru, Selasa.

BPJS Kesehatan menggelar acara Ekspos Publik Pencapaian Program JKN-KIS dan Dampaknya Terhadap Perekonomian Indonesia di kantor Cabang Pekanbaru dengan tema Program JKN-KIS Wujud Kehadiran Negara Memenuhi Janji Kemerdekaan.

Menurut Eddy, pembukaan loket pendaftaran di pusat perbelanjaan modern diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat yang memiliki kesulitan waktu atau belum berniat untuk mendaftar dan warga cukup membawa KK dan KTP.

Pendaftaran yang dibuka di Suzuya Plaza adalah sebagai upaya percepatan pendaftaran peserta, memangkas antrean, juga memperpendek jarak lokasi pendaftaran sehingga masyarakat diuntungkan.

"Hingga 30 Juni 2017 sudah terdaftar sebanyak 1.717.205 peserta, dari total yang harus dijaring (target) sebanyak 2.272.000 peserta se-Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kota Pekanbaru," ujarnya.

Termasuk di dalamnya peserta yang didaftarkan dan diintegrasikan dengan Program JKN-KIS oleh Pemerintah Daerah Kota Pekanbaru melalui program Jamkesda Kota Pekanbaru, Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar melalui program Jamkesda Kabupaten Kampar, Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan melalui program Jamkesda Kabupaten Pelalawan, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu melalui program Jamkesda Kabupaten Rokan Hulu yakni sebanyak 109.663 jiwa.

Artinya masih tersisa sebanyak 555.449 orang lagi yang belum terdaftar. Dalam 4,5 bulan akan dilakukan upaya percepatan agar seluruh masyarakat di wilayah yang menjadi kewenangan Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kota Pekanbaru bisa segera terdaftar.

Adapun pencapaian kinerja Program JKN-KIS untuk BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pekanbaru sendiri yang mencakup Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Rokan Hulu, juga terus mengalami peningkatan.

Pertumbuhan jumlah peserta itu juga diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerja sama. Saat ini Kantor Cabang Pekanbaru telah bermitra dengan 276 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang terdiri atas 85 Puskesmas, 37 Dokter Praktik Perorangan, 17 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 137 Klinik Pratama.

Selain itu, BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru juga telah bekerja sama dengan 40 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 36 Rumah Sakit (termasuk di dalamnya empat Klinik Utama), 40 Apotek, serta 16 Optik.

"Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah terhadap komitmen untuk menyukseskan Program JKN-KIS," katanya.

Eddy juga berharap peran pemerintah daerah makin optimal baik dari sisi kualitas dan mutu pelayanan kesehatan sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat.

Kerja sama dengan pemda diharapkan dapat memperkuat regulasi terkait kepatuhan pengusaha dan masyarakat dalam kepesertaan JKN-KIS, serta cakupan kepesertaan yang makin luas sehingga terwujud Universal Health Coverage atau cakupan semesta di tahun 2019.

Selain itu, dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan berbagai inovasi dan terobosan dilakukan untuk dapat memenuhi target tersebut.

Masyarakat yang sebelumnya dapat melakukan pendaftaran di Kantor Cabang, Kantor Layanan Operasional Kabupaten/Kota, Website dan Bank mitra yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, kini pendaftaran dapat juga dilakukan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500-400.

Pendaftaran bisa dilakukan juga melalui Sistem Dropbox di Kantor Kecamatan, beberapa Kantor Kelurahan, beberapa rumah ibadah, pendaftaran melalui PPOB/mitra kerja BPJS Kesehatan, mobile customer service (di pasar-pasar), melalui Kader JKN serta pendaftaran melalui aplikasi Mobile JKN.

Juga bekerja sama dengan Kepolisian Daerah dengan BPJS Keliling yang berjadwal sama dengan jadwal SIM Keliling.

Pendaftaran melalui mitra kerja juga tengah dikembangkan dengan membuka Point of Service di Partner Relation Officer (RO) seperti DPW Partai Politik dan Sekretariat Komunitas dan rumah ibadah.