Dinkes Pekanbaru Tunjuk Sejumlah Puskesmas Untuk Lakukan Program BIAS

id dinkes pekanbaru, tunjuk sejumlah, puskesmas untuk, lakukan program bias

Dinkes Pekanbaru Tunjuk Sejumlah Puskesmas Untuk Lakukan Program BIAS

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menyatakan sudah mulai melakukan proses imunisasi bagi para pelajar SD kelas I, yang baru masuk disemua sekolah pada tahun ajaran 2017/2018.

"Pelaksanya Puskesmas terdekat dilingkungan sekolah, " kata Kepala Bidang pengendalian dan pemberantasan penyakit (P2P) Diskes Kota Pekanbaru, Yanti di Pekanbaru, Rabu.

Yanti menjelaskan program imunisasi anak sekolah ini disebut Bulan Imunisasi Anak Sekolas (BIAS) yakni agenda tahunan yang dilaksanakan setiap bulan Agustus hingga September.

"Jadi sejak awal Agustus ini Puskesmas sudah mulai mendatangi semua sekolah baik negeri maupun swasta sederajad SD untuk melakukan penyuntikan vaksin Campak dan DT (Difteri)," ujarnya.

Tujuan pelaksanaan BIAS adalah mempertahankan Eleminasi Tetanus Neonaturum, pengendalian penyakit Difteri dan penyakit Campak dalam jangka panjang melalui imunisasi DT, TT dan Campak pada anak sekolah.

Imunisasi yang diberikan pada BIAS ada tiga jenis yaitu, Campak pada anak kelas I, DT pada anak kelas I dan TT pada anak kelas II dan II SD

BIAS dilaksanakan di seluruh Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) negeri dan swasta, Institusi pendidikan setara SD lainnya (Pondok Pesantren, Seminari, SDLB.

"Untuk anak yang tidak sekolah pada pelaksanaan BIAS agar diajak ke Puskesmas terdekat oleh orangtua untuk mendapatkan imunisasi, sedangkan anak yang sakit pemberian imunisasi ditunda dan apabila sembuh agar diajak ke puskesmas terdekat untuk diimunisasi," sarannya.

Ia menambahkan untuk menyasar anak sekolah hingga ke pinggiran kota, Posyandu akan melakukan kunjungan ke sekolah tersebut sesuai jadwal waktu yang sudah di susun. Makanya rentang waktu Bulan imunisasi sekolah di Pekanbaru itu diberi dua bulan dari Agustus hingga September.

"Agar petugas Puskesmas bisa mengatur dan menyesuaikan jadwalnya dengan pelayanan di masyarakat, " tambahnya.

Karenanya ia berharap agar para orangtua mendukung suksesnya BIAS dengan memberikan pemahaman kepada anak mereka tidak takut saat petugas melakukan imunisasi.