Kunjungi Poskamling Terbaik di Riau, Polisi Jepang ini Merasa Bangga

id kunjungi poskamling, terbaik di, riau polisi, jepang ini, merasa bangga

Kunjungi Poskamling Terbaik di Riau, Polisi Jepang ini Merasa Bangga

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Polisi Jepang yang menjadi Program Manager dalam suatu "project" Japan International Coorporation Agency" (JICA), Komisaris Jendral Mr. Ohara Mitshuda mengagumi adanya Pos Keamanan Lingkungan setelah dikunjunginya yang terbaik di Riau.

"Saya merasa bangga poskamling sudah bisa memperlihatkan sistem yang sudah dibangun secara baik ini. Saya berharap rukun tetangga (RT) ini bisa menjalankan kehidupan damai dan aman melalui kegiatan di poskamling," kata Ohara Mitshuda di Pekanbaru, Selasa malam.

Polisi Jepang ini mendatangi Poskamling terbaik di Riau yang berada di RT 05/RW 01 Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru yang dinamai Poskamling Mandiri. Dalam kesempatan itu juga para anggota Poskamling yang dibina Bhabinkamtibmas Sidomulyo Timur, Bripka Ilham Nur menunjukkan kebolehannya melalui simulasi proses penangkapan pelaku kejahatan.

Ohara menyampaikan bahwa di negaranya Jepang sendiri juga ada yang mirip dengan Poskamling. Akan tetapi itu dijalankan oleh pemerintah, bukan masyarakat seperti poskamling.

Sementara itu, Kombes (Purn) Titik yang mendampinginya menambahkan bahwa Jepang merupakan negara teraman di dunia. Polisi di sana melayani masyarakat secara aktif dengan melakukan kegiatan kunjungan mendekatkan diri.

"Supaya masyarakat berani mengungkapkan apa masalah di lingkungannya. Polisi akan membantu mengungkapkan masalah baik itu kejahatan kecil ataupun masalah sosial," ujarnya.

Dengan program bersama JICA yakni "In House Training" dia berharap bhabinkamtibmas bisa menjadi koordinator pembimbing, negosiator, dan koordinator permasalahan di masyarakat. Itu dilakukan cepat dan ikhlas serta humanis.

Dikatakannya bahwa kegiatan projek tersebut sudah dimulai sejak 2013. Pihaknya setiap tahun berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia dan selama itu menurut dia progresnya sudah sangat luar biasa.

Sementara itu, Wakil Kepala Kepolisian Resor Pekanbaru, AKBP Edy Sumardi yang juga turut mendampingi

mengatakan bahwa ini adalah implementasi kerjasama Indonesia dengan jepang. Dalam beberapa hari ini digelar kegiatan In House Training untuk melakukan edukasi terhadap bhabinkamtibmas dilatih untuk menjadi pelatih masyarakat dengan pola JICA.

"Bhabinkamtibmas dilatih melakukan upaya pemetaan daerah kerawanan dan terutama penyelesaian permasalahan di masyarakat sehingga tidak semuanya dibawa ke kantor polisi," ujarnya.***2***





Lihat video kunjungannya di bawah ini