UPT Pelabuhan Sungai Duku Klaim Jumlah Penumpang Meningkat 20 Persen

id upt pelabuhan, sungai duku, klaim jumlah, penumpang meningkat, 20 persen

UPT Pelabuhan Sungai Duku Klaim Jumlah Penumpang Meningkat 20 Persen

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pelabuhan Sungai Duku Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mulai alami peningkatan arus penumpang sebesar 20 persen pada mudik Idul Adha 1438 Hijriyah atau 2017 masehi dibanding hari biasa.

"Peningkatan penumpang terlihat mulai Rabu kemaren (30/8)," kata Kepala Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Pelabuhan Sungai Duku Dishub Kota Pekanbaru, Joniansyah di Pekanbaru, Kamis.

Ia menyatakan kalau pada hari biasa jumlah penumpang yang melalui Pelabuhan Sungai Duku hanya 250 orang perhari, sejak Rabu naik menjadi 313 orang.

"Ada kenaikanlah sebesar 20 persen dari biasa" tuturnya.

Menurut dia kenaikan mudik Idul Adha memang tidak sebesar Idul Fitri, hanya sedikit masyarakat Pekanbaru yang akan bepergian untuk merayakannya ke wilayah kepulauan seperti Selatpanjang, dan Siak.

Diakuinya walau sedikit, namun momen Idul Adha selalu dirayakan warga dengan kembali ke kampung halamannya.

"Tiap tahun perayaan Idul Adha penumpang ke Selatpanjang ada yang mudik tetapi sedikit peningkatannya, " ucapnya.

Ia menjelaskan adapun rute penumpang yang alami peningkatan untuk tujuan Siak dan Selatpanjang.

Dengan tujuan terbanyak itu ke Selatpanjang dimana Pelabuhan Sungai Duku membuka pelayanan tiga kapal setiap harinya pulang dan pergi. Sementara untuk tujuan Siak hanya ada satu kapal.

"Tidak ada penambahan armada laut, masih memanfaatkan rute yang ada kalaupun terjadi kenaikan penumpang tingkat okupansinya yang bertambah," imbuhnya.

Ia menambahkan peningkatan penumpang laut dari Pekanbaru ini masih akan terlihat hingga Kamis sore karena mengingat hari terakhir menjelang perayaan Idul Adha Jumat pada 1 September 2017 kalender Masehi.

"Sementara Jumat tepat pada perayaan operasional Pelabuhan Sungai Duku libur satu hari untuk dilanjut Sabtu, " tegas Joni.

Ia memperkirakan untuk arus balik Idul Adha 1438 Hijriyah akan terjadi Minggu depan.