Antisipasi Gangguan Hewan, PLN Bengkalis Pasang Selang Pelindung Kabel

id antisipasi gangguan, hewan pln, bengkalis pasang, selang pelindung kabel

Antisipasi Gangguan Hewan, PLN Bengkalis Pasang Selang Pelindung Kabel

Bengkalis (Antarariau.com)- PT PLN Rayon Bengkalis, Provinsi Riau memasang selang pelindung kabel, untuk mengantisipasi pemadaman yang kerap terjadi disebabkan gangguan binatang monyet.

"Kita memasang pelindung kabel dari gangguan binatang ini guna mengantisipasi pemadaman yang terjadi disebabkan binatang," kata pimpinan PLN Rayon Bengkalis, Luberti yang juga didampingi Supervisor Teknik PLN Rayon Bengkalis, Irwan di Bengkalis Senin.

Dia mengatakan, hingga saat ini, pemasangan pelindung kabel dari gangguan binatang itu sudah sekitar 40 persen dari lokasi yang telah ditetapkan sebagai daerah rawan monyet.

"Untuk materialnya kita terus mempersiapkan, sedangkan pelaksanaan pemasangan kita fokuskan pada hari libur kerja, yaitu pada hari Sabtu dan Minggu saja," katanya.

Menurut dia, pengerjaan tersebut dilakukan pada hari libur agar pada jam kerja tidak terjadi pemadaman aliran listrik, sehingga tidak mengganggu pekerjaan di pemerintahan maupun masyarakat lainnya.

Sementara itu dia menjelaskan, pemadaman yang sering terjadi di daerah perdesaan seperti dari Penampi hingga ke Sekodi yang banyak dikeluhkan sebagian masyarakat itu disebabkan gangguan monyet dan gangguan pohon yang berdekatan dengan kabel listrik.

"Pemadaman terjadi disebabkan banyaknya gangguan dan dominannya disebabkan adanya binatang seperti monyet yang menyentuh kabel, sehingga terjadi pemadaman mendadak, terutama di daerah Penampi ke Sekodi sering terjadi pemadaman" ujarnya.

Selain binatang, layang- layangan, serta pohon yang berhampiran dengan kabel tersebut juga sering ditemukan mengganggu aliran listrik sehingga terjadi pemadaman.

"Kita juga minta kerjasama masyarakat untuk memotong pohon yang bisa mengganggu aliran listrik ini, karena hingga saat ini kita temukan banyaknya masyarakat enggan pohon tanaman mereka yang berhampiran dengan kabel listrik dipotong," katanya

Sementara itu, untuk wilayah yang dilakukan pemasangan pelindung kabel ini dimulai dari Desa Pematang Duku sampai ke Desa Seki serta desa Palkun untuk feeder 3. Selanjutnya di daerah Pambang sampai ke Teluk Lancar untuk feeder 8 serta daerah Meskom ke Desa Perapat tunggal untuk feeder 6.

Selain itu juga termasuk daerah lain yang masih rawan monyet seperti daerah Jangkang kecamatan Bantan dan Temeran.juga dilakukan pemasangan pelindung.