Pertamina Dumai Serahkan Bantuan 80 Kotak Bibit Semangka Untuk Masyarakat

id pertamina dumai, serahkan bantuan, 80 kotak, bibit, semangka untuk masyarakat

Pertamina Dumai Serahkan Bantuan 80 Kotak Bibit  Semangka Untuk Masyarakat

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Kelompok Tani Bukit Mekar Kelurahan Bukit Datuk Kota Dumai, Riau, menerima bantuan 80 kotak bibit buah semangka dari PT Pertamina RU II Dumai sebagai wujud pembinaan dan peningkatan produksi pertanian setempat.

Pejabat sementara Kepala Humas Pertamina RU II Dumai Rika Gresia usai penyerahan simbolis bantuan mengatakan, bentuk nyata dukungan pada kelompok tani ini untuk mendorong peningkatan produksi pertanian dan mampu menciptakan ekonomi mandiri petani.

"Sejumlah bantuan kita serahkan kepada kelompok tani agar mereka bisa terus menerus bercocok tanam hortikultura di lahan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat," kata Rika pada pers, Rabu.

Dijelaskan, bantuan diberikan kepada Poktan Bukit Mekar Kecamatan Dumai Selatan ini, selain bibit semangka, juga berupa 1.000 karung pupuk beserta 8 ton pupuk untuk pengadaan pupuk organik.

Poktan binaan Pertamina yang mengelola lahan kosong penguasaan perusahaan ini, lanjutnya, diharapkan dapat menghasilkan produksi pertanian untuk kesejahteraan petani dan dapat memenuhi kebutuhan hortikultura masyarakat setempat.

"Petani yang mengelola lahan kosong kita berikan pembinaan dan bantuan alat pertanian agar mereka dapat mandiri dan sekaligus menjaga aset perusahaan dengan pemanfaatan bercocok tanam untuk kesejahteraan bersama," sebutnya.

Sementara, Ketua Poktan Bukit Mekar Nasib menyebut bahwa pemanfaatan lahan seluas 8 hektar dilakukan dengan terus menerus bercocok tanam pertanian hortikultura, seperti cabai merah dan hijau, jagung manis, kacang panjang, pare, gambas dan mentimun serta lainnya.

Diakui dia, sejauh ini Pertamina RU II terus mendukung kegiatan pertanian warga setempat dengan pembinaan dan bantuan bibit serta peralatan, sehingga hasil panen cukup memuaskan karena berangsur menerapkan pola modern.

"Petani sangat terbantu dengan dukungan pertamina karena selain bisa mengelola lahan perusahaan, kita diberi juga pembinaan dan bantuan bibit atau alat pertanian, sehingga kegiatan bercocok tanam hortikultura dapat terus dilakukan," kata Nasib.