Kuansing Terima Bantuan Mobil Pustaka Keliling

id kuansing terima, bantuan mobil, pustaka keliling

Kuansing Terima Bantuan Mobil Pustaka Keliling

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau bakal menerima satu unit mobil perpustakaan keliling untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan sejumlah buku untuk lembaga pendidikan.

" Kami sudah berkoordinasi dengan pihak perpustakaan nasioal," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kuantan Singingi (Kuansing) Azhar Ali di Teluk Kuantan, Kamis.

Ia mengatakan, Kuansing masih butuh berbagai fasilitas kelengkapan perpustakaan, banyak kekurangan harus dilengkapi salah satu dengan menjemput bantuan pusat, momentum baik dilakukan oleh instansi ini berkunjung ke Perpustakaan Nasional beberapa waktu lalu, ternyata banyak peluang bantuan buku yang bisa diterima sejumlah elemen di daerah.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kuansing telah membuat proposal permohonan bantuan khususnya untuk mobil perpustakaan keliling untuk membantu peningkatan kinerja petugas dilapangan, tidak tinggal diam, proses dilakukan penjemputan ke Perpustakaan Nasional di Jakarta.

" Tidak berhasil ditemui Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional, diarahkan bertemu dengan Sekretaris Deputi Pengembangan Perpustakaan dan Minat Baca, Kristiantiwi di ruang kerjanya," sebutnya.

Menurutnya, untuk bantuan unit mobil perpustakaan keliling tengah diproses penyalurannya, mudah-mudahan atas rekomendasi dari Sestama saat menghadiri Rakor Perpustakaan dan Kearsipan Tingkat Provinsi Riau di Kuansing, kabupaten ini akan menjadi prioritas utama.

" Kami juga mendapat peluang bantuan buku," ujarnya.

Untuk itu, proposal bantuan akan segera dikirim, karena ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan hibah tersebut untuk mengisi perpustakaan daerah Kuansing yang baru berdiri dan dibentuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru.

Selain itu, bantuan buku juga bisa untuk berbagai lembaga pendidikan seperti, sekolah, pondok pesantren, universitas, lembaga pemasyarakatan, rumah sakit, perpustakaan desa dan kelompok penggiat minat baca.

Oleh sebab itu, pihaknya mengimbau semua elemen yang disebutkan untuk bisa segera membuat proposal dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan Perpustakaan Nasional, nantinya pihak dinas akan memberikan rekomendasi.