Harga Emas Di Pekanbaru Naik

id harga emas, di pekanbaru naik

Pekanbaru, 13/5 (ANTARA)- Harga emas di Pekanbaru hingga pertengahan Mei 2010 mengalami kenaikan dari pekan sebelumnya.

Pada pekan sebelumnya, harga emas 24 karat untuk setiap gramnya hanya Rp300 ribu, kini naik menjadi Rp340 ribu per gramnya.

Menurut Edi, pedagang toko emas Kendari di Pasar Cik Puan, Kamis, kenaikan ini disebabkan naiknya indeks saham-saham internasional, dan yang terutama sekali naiknya harga emas dunia.

"Tapi kalau dolar AS saat ini masih stabil. Jadi karena naiknya harga emas di pasar dunia sehingga otomatis harga emas di pasaran akan mengikuti," katanya.

Harga emas, lanjutnya, sulit sekali diprediksi harganya karena mengikuti perkembangan pasar yang fluktuatif.

Mengenai minat pembeli, ia mengatakan pada akhir bulan biasanya terjadi penurunan.

"Namun yang paling banyak membeli emas biasanya pada awal bulan. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah gajian. Sementara banyak yang menjual pada awal-awal masuk tahun ajaran baru," tambahnya.

Ungkapan senada diucapkan Fadil, salah seorang pedagang emas di Pasar Senapelan. Ia mengatakan satu bulan lalu, harga emas mencapai harga Rp300 ribu per gramnya.

"Namun pada pertengahan bulan ini mengalami kenaikan. Biasanya, emas kalau sudah naik susah sekali turun harganya," ujarnya.

Masnah, seorang warga yang ditemui ANTARA ketika melihat emas di sebuah toko mengatakan dirinya membeli emas untuk investasi.

Alasannya tak lain harga emas yang relatif stabil, dibanding investasi lainnya.