Gempa Kuat di Meksiko Tewaskan 61 Orang

id gempa kuat, di meksiko, tewaskan 61 orang

Gempa Kuat di Meksiko Tewaskan 61 Orang

Chiapas, Meksiko, (Antarariau.com) - Gempa dengan kekuatan 8,2 pada Skala Richter di lepas pantai Meksiko Selatan pada Kamis larut malam (7/9), dan menewaskan sedikitnya 61 orang.

Pusat gempa ialah 96 kilometer di bagian barat-daya Kota Kecil Pijijiapan di Negara Bagian Chiapas di Meksiko Selatan, dengan kedalaman 33 kilometer.

Gempa tersebut, yang mengguncang beberapa menit sebelum tengah malam Kamis cukup kuat untuk mengakibatkan gedung bergoyang dengan keras di Ibu Kota Meksiko, Mexico City, tempat banyak orang berlarian ke luar bangunan ke jalan.

Tak ada laporan mengenai orang Tionghoa yang jadi korban setakat ini, kata Kedutaan Besar Tiongkok di Meksiko.

"Saya sedang makan cemilan malam saya ketika gempa terjadi. Saya bergegas ke luar ke jalan dengan panik dan melihat lebih dari 100 orang di sana, banyak di antara mereka memakai piyama. Listrik padam selama 20 menit akibat gempa. Banyak orang mengendarai mobil mereka ke tempat terbuka tidur di sana sepanjang malam," kata Li Shizhan, yang mengelola restoran di San Cristobal, Chiapas.

Gempa kuat mempengaruhi sedikitnya 50 juta orang di 12 negara bagian, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu siang. Kota yang paling parah diguncang gempa adalah Juchitan di Negara Oaxaca di Meksiko Selatan, tempat sedikitnya 36 mayat dikeluarkan dari reruntuhan, dan sangat banyak gedung ambruk, termasuk balai kota di kota tersebut. Oaxaca adalah salah satu dari tiga negara bagian di depat pusat gempa di lepas pantai.

Presiden Meksiko Enrigque Pena Nieto pada Jumat malam mengatakan dalam pidato melalui televisi bahwa 61 orang tewas --45 di Negara Bagian Oaxaca, 12 di Chiapas dan empat di Tabasco.

Dalam pidato di Markas Pusat Nasional bagi Pencegahan Bencana, tempat ia mengawasi reaksi darurat, Presiden Meksiko tersebut mengatakan pemerintah sedang bekerja untuk melanjutkan pasokan air dan makanan dan menyediakan perhatian medis buat mereka yang memerlukan.

Ia berikrar pemerintah akan membantu rakyat membangun kembali dan menyeru warga agar bekerjasama.

Ia kemudian mengumumkan tiga hari perkabungan nasional, dan pemerintah juga mengeluarkan daftar mengenai barang dan makanan yang disetujui yang mesti orang bawa ke pusat darurat Palang Merah guna membantu upaya pertolongan.

Kepala Pertahanan Sipil Meksiko Luis Felipe mengatakan di Twitter bahwa komite darurat nasional mengadakan sidang permanen untuk mengkoordinasikan reaksi bagi gempa kuat.

Gempa bumi itu lebih kuat dibandingkan dengan gempa yang menghancurkan pada 1985 yang menewaskan ribuan orang dan menghancurkan banyak wilayah ibu kota Meksiko.

Gempa paling akhir tersebut memicu gelombang setinggi 0,7 meter di Meksiko, kata Pacific Tsunami Warning Center.

Wali Kota Mexico City Miguel Angel Mancera mengatakan kepada media lokal bahwa terjadi pemadaman listrik tapi tak ada laporan mengenai bangunan yang ambruk atau kematian.

Dua gempa susulan kuat terjadi pada Jumat.