Sekda Inhil: Persiapan Gelaran FKI Sudah Matang

id sekda inhil, persiapan gelaran, fki sudah matang

Sekda Inhil: Persiapan Gelaran FKI Sudah Matang

Tembilahan (Antarariau.com) - Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, Said Syarifuddin selaku Ketua Penyelenggara Festival Kelapa Internasional (FKI) tahun 2017 menyatakan persiapan kegiatan telah mencapai 99 persen.

"Untuk kegiatan pembukaan Festival Kelapa Internasional yang akan dibuka pada pukul 14.00 hari ini akan dihadiri Gubernur Riau (Gubri), Arsyadjuliandi Rachman dan Ketua Asian and Pacific Coconut Community (APCC), Mr. Uron," ujar Said Syarifuddin di Tembilahan, Sabtu.

Sedangkan, Seminar dan Temu Bisnis yang juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam Festival Kelapa Internasional akan diisi oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Luar Negeri (Daglu) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia (RI) selaku pemateri.

Ia mengatakan, ukuran kesiapan lainnya juga dapat dilihat dari telah dilaksanakannya gladi oleh anak-anak sekolah yang akan berpartisipasi menyemarakkan pemecahan rekor MURI meminum 10.000 butir kelapa.

"Untuk pemecahan rekor MURI itu, kami telah menyiapkan 11 ribu orang anak-anak yang dikerahkan dari berbagai kawasan di Inhil. Nanti, juga akan ada peserta meminum kelapa yang dikerahkan dari seluruh instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil," terangnya.

Sampai sejauh ini, lanjut Said beberapa peserta Festival Kelapa Internasional, baik peserta yang merupakan anggota APCC maupun non-anggota APCC sudah berada di Kabupaten. Dia bersama jajarannya telah sempat berbincang dengan Bupati Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan yang sesaat setelah tiba di Inhil.

"Ada dua anggota APCC yang sudah berada di Inhil dan beberapa peserta non- APCC juga telah sampai. Begitu pula dengan Ketua APCC, Mr Uron yang sudah berada di Inhil saat ini," tambahnya.

Guna menyambut kedatangan para tamu, Said menjelaskan, pihak panitia penyelenggara telah mempersiapkan akomodasi sarana transportasi berupa dua unit Helikopter dan satu unit Pesawat Terbang.

"Penggunaan sarana transportasi berupa helikopter dan pesawat itu ialah untuk membawa para tamu VIP menuju Inhil. Sarana transportasi ini disediakan oleh perusahaan yang turut berkontribusi atas penyelenggaraan International Coconut Exhibition 2017," katanya.

Dengan telah dilakukannya persiapan yang sedemikian rupa oleh pihak Panitia, Said berharap, agar Festival Kelapa Internasional tahun 2017 di Kabupaten Inhil dapat terselenggara dengan lancar hingga akhir waktu yang telah dijadwalkan.

"Kami sudah berbagi tugas, mudah-mudahan berjalan lancar. Semua dirasa sudah maksimal. Itu lah kemampuan kita. kalau ada kekurangan, kita mohon maaf. Sebab, ini iven bertaraf internasional perdana yang pernah diselenggarakan di Inhil," ucap Said.