Bupati Siak Buka Perhelatan MTQ Tingkat Kabupaten

id bupati siak, buka perhelatan, mtq tingkat kabupaten

Bupati Siak Buka Perhelatan MTQ Tingkat Kabupaten

Siak (Antarariau.com) - Bupati Siak Syamsuar secara resmi membuka perhelatan akbar Musabaqah Tilawatil Quran ke-XVII tingkat Kabupaten Siak yang dipusatkan di halaman Masjid Sultan Syarif Hasim komplek Islamic Center, Senin malam.

"Upaya kita untuk membina anak-anak generasi muda untuk menjadi penghafal Quran telah mencapai kemajuan yang menggembirakan," katanya pada malam pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Siak.

Berdasarkan data dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak, hingga 2017 ini jumlah peserta didik pada lembaga tahfizh di wilayah setempat baik yang tengah menimba ilmu pada pondok pesantren tahfizh dan rumah tahfizh, maupun di madrasah - madrasah jumlahnya telah mencapai 700 orang lebih.

"Jumlah ini belum termasuk putera-puteri Kabupaten Siak yang di sekolahkan diluar daerah. Dimana menurut catatan yang ada, selama periode tiga tahun terakhir ini jumlahnya hampir mencapai 300 orang," sebutnya lagi.

Dia melanjutkan, dari keseluruhan jumlah pelajar yang menuntut ilmu didalam dan luar daerah tersebut, diantara mereka ada yang sudah hafal 1-5 juz, atauoun sedang menyelesaikan hafalan 10, 20, dan 30 Juz.

Masih kata Syamsuar, sebagai kegiatan yang telah menjadi tradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa ini, MTQ senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan.

"Bahkan kegiatan keagamaan ini sejak lama telah menjadi media dakwah dan syiar agama yang efektif, secara nyata juga menjadi penyejuk dan perekat kebersamaan umat dalam menyongsong dan mempersiapkan Kabupaten Siak sebagai tujuan wisata halal dan religius," sebutnya pula.

Disisi lain, lanjut dia, kegiatan musabaqah ini sekaligus menjadi tolak ukur kemajuan dan keberhasilan pembinaan seni dan baca AlQuran yang telah berlangsung pada masing-masing kecamatan di Kabupaten Siak.

Aditya Smara selaku Camat Siak mengatakan, sebagaimana selogan (tag line) Kabupaten Siak "The Truly of Malay" untuk menjadikan kerajaan Melayu menjadi payung negeri yang identik dengan melayu Islam.

"Mari kita bersama-sama mensyiarkan islam dengan sempena MTQ ini, sehingga melalui cabang yang diperlombakan bisa menjadikan kita untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Katanya, MTQ tahun ini memiliki makna spesial, dimana telah menerapkan program elektronik MTQ (e-MTQ) dengan penambahan cabang MTQ. Semoga dengan penambahan ini syiar islam bisa jauh lebih berkembang, jelasnya.