Aksi Sosial Jasa Raharja Riau Kumpulkan 29 Kantong Darah

Pekanbaru (Antarariau.com) - PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Riau, berhasil mengumpulkan sebanyak 29 kantong darah dalam aksi donor darah menyambut hari ulang tahun perhubungan tahun 2017 di kantor pelayanan asuransi kecelakaan itu.

"Sama pada tahun sebelumnya, sebagai mitra perhubungan Jasa Raharja menggelar aksi donor darah bekerjasama dengan PMI Cabang Kota Pekanbaru," kata Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Riau Widayana di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Widayana, dalam memupuk kepedulian kepada sesama, aksi donor darah selain diikuti karyawan BUMN Jasa Raharja juga pegawai syahbandar, organda, sopir taxi, sopir angkutan umum dan warga lainnya.

Donor dilakukan, katanya, selain sebagai bukti bahwa anda peduli terhadap sesama, tetapi mendonorkan darah adalah upaya Anda untuk hidup sehat.

"Banyak manfaat donor darah bagi kesehatan misalnya menurunkan berat badan, melindungi jantung, meningkatkan sel darah merah, mencegah stroke, meningkatkan kesehatan psikologis, memperbarui sel darah baru
mencegah resiko terkena penyakit langka," katanya.

Oleh karena itu, katanya, donor darah diperlukan sebab setetes darah anda,  adalah nyawa bagi sesama.

Sebagai perusahaan yang menjadi penjamin pertama dalam kasus lakalantas, Jasa Raharja juga telah bekerjasama dengan 43 rumah sakit  di daerah itu untuk memberikan pelayanan kesehatan pada tingkat rujukan sekaligus mengurangi tingkat fatalitas korban kecelakaan lalulintas dan penumpang umum.

"Untuk memudahkan korban atau keluarga korban mengurus laporan polisi, maka petugas Jasa Raharja pro aktif membantu korban mulai dari pemantaauan ruang gawat darurat sekaligus membantu masyarakat secepatnya membuat laporan polisi," katanya.

Laporan polisi dibutuhkan sebagai syarat pokok dalam mendapatkan asuransi kecelakaan.Selain itu Jasa Raharja menjadi penjamin pertama di rumah sakit bagi korban kecelakaan lalulintas sedangkan kesepakatan tersebut merupakan wujud dari pelayanan berkonsep PRIME.

Untuk korban meninggal hubungi ahli waris, lengakpi santuna dan bayarkan secepatnya, bekerjasamd engan Disduk Capil untuk mendapatakan data tentang korban. Selain itu pemberian santunan pada korban, katanya, dilakukan secara proaktif oleh petugas Jasa Raharja dengan mitra kerja terkait melalui IRSMS  (Integrated Road Savety Management) yakni sistim integrasi manajemen keselamatan di jalan.

"Sedangkan pola pembayaran transfer santunan dilakukan dengan sistem manajemen tunai (cash token) pada  SMS bangking di HP, atau ke BRI yang memiliki akses hingga ke pelosok desa itu, kendati hari libur santunan tetap bisa dibayarkan, dan keluarga korban tikda perlu mondar-mandir ke kantor Jasa Raharja," katanya.

Sekretaris Perhubungam Provini Riau, Raja Saspi Kurniawan mengatakan terimakasih digelarnya aksi donor darah oleh Jasa Raharja tersebut.

Oleh karen itu, katanya, melalui tema HUT Perhubungan tahun 2017 adalah "Kita tingkatkan solidaritas , kerjasama antar seluruh insan perhubungan dalam memberikan pelayanan terbaik bagia transportasi laut, darat, udara dan sungai.