Sinarmas

Total Dana Yang Digelontorkan CSR Pertamina Dumai Mencapai Rp1,2 Miliar

Dumai, Riau (Antarariau.com) - PT Pertamina RU II Dumai hingga Agustus 2017 sudah menggelontorkan dana tanggung jawab sosial perusahaan atau "corporate social responsibility" sebesar Rp1,2 miliar sebagai kewajiban kepada lingkungan dan warga sekitar.

Pjs Humas Pertamina RU II Rika Gresia, Selasa mengatakan, penyediaan dana CSR ini merupakan upaya memenuhi kewajiban sebagai perusahaan milik negara diperuntukkan bagi masyarakat di empat kelurahan sekitar area operasional.

"Realisasi dana program sosial kemasyarakatan hingga Agustus mencapai Rp1,2 miliar bukti komitmen perusahaan peduli dan berpartisipasi di tengah masyarakat," kata Rika.

Disebutkan, penyaluran dana CSR diprioritaskan di empat kelurahan terdekat operasional kilang dan perumahan, yaitu Kelurahan Tanjung Palas, Jayamukti, Bukit Datuk dan Bukit Timah tersebar di Kecamatan Dumai Selatan dan Dumai Timur.

Program CSR ini difokuskan dalam beberapa bidang, antara lain mendukung dunia pendidikan, lingkungan, pemberdayaan ekonomi dan meningkatkan kondisi infrastruktur di sekitar warga.

Sejumlah kegiatan CSR yang pernah disalurkan diantaranya, di bidang pendidikan adalah renovasi taman pengajian Al Quran Al Qiam di Kelurahan Tanjung Palas, bidang lingkungan dengan penanaman pohon endemik di Bukit Datuk.

Kemudian, bidang pemberdayaan ekonomi seperti budidaya jamur tiram putih di Kelurahan Tanjung Palas, usaha konveksi di Kelurahan Jaya Mukti dan pengembangan kawasan pertanian perikanan terintegrasi di Kelurahan Bukit Datuk.

"Sedangkan program csr bidang infrastruktur dengan membantu penerangan jalan umum dan membangun drainase di Kelurahan Tanjung Palas," katanya.

Diharapkan melalui program CSR ini masyarakat bisa merasakan manfaat baik kehadiran perusahaan, mampu meningkatkan silaturahmi dan mandiri dalam meningkatkan taraf ekonomi.