Pertamina Gelar Operasi Pasar Elpiji 3 kg di Kabupaten Pelalawan

id pertamina, gelar operasi, pasar elpiji, 3 kg, di kabupaten pelalawan

Pertamina  Gelar Operasi Pasar Elpiji 3 kg di Kabupaten Pelalawan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pertamina Marketing Operation Region I Branch Riau menggelar operasi pasar elpiji 3 kg di Kabupaten Pelalawan, Riau, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat berjalan aman dan lancar.

"Pertamina menyediakan sebanyak 2.240 tabung elpiji 3 kg di Kabupaten Pelalawan yang digelontorkan dalam operasi pasar, " kata Pejabat sementara Area Manager Communication & Relations Pertamina Sumbagut, Arya Yusa Dwicandra di Pekanbaru, Kamis.

Arya Yusa Dwicandra mengatakan operasi pasar Pertamina yang digelar di Pelalawan berturut-turut terhitung mulai tanggal 13 hingga 16 September 2017.

Tujuannnya untuk mencukupkan kebutuhan gas bersubsidi bagi masyarakat miskin. Bukan dari keluarga mampu apalagi pengusaha.

"Kami berharap kebutuhan masyarakat miskin akan elpiji 3 kg dapat terpenuhi,"ujar Arya.

Selama ini terang dia untuk wilayah Kabupaten Pelalawan terdapat empat agen dan 152 pangkalan yang melayani kebutuhan elpiji sesuai Harga Eceran Tertinggi yang ditetapkan yaitu sebesar Rp 18.000.

Secara aturan Pertamina hanya menyalurkan elpiji kepada masyarakat melalui pangkalan resmi yang memasang plang atau spanduk Harga Eceran Tertinggi Rp18.000/tabung . Diluar itu tidak dilayani jika terjadi gangguan distribusi pihaknya akan berkoordinasi dengan Disperindag setempat.

"Pertamina terus melakukan koordinasi dengan Dinas Perdagangan setempat untuk memantau penyaluran elpiji 3 kg, " tambahnya.

Ia menambahkan Pertamina dalam menyalurkan elpiji 3 kg bersubsidi sesuai dengan penyaluran dan kebutuhan normal harian di Riau sebanyak 140.100 tabung perhari.

"Dimana untuk Kabupaten Pelalawan sebanyak 1.938 tabung per hari," tuturnya.

Sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan Idul Adha sendiri hingga saat ini ada penambahan penyaluran hingga 423.800 tabung untuk seluruh provinsi Riau.

Sebagaimana diketahui bahwa elpiji 3 kg merupakan barang yang disubsidi pemerintah dan peruntukkannya hanya bagi warga miskin atau tidak mampu.

Pertamina mengharapkan kesadaran bagi warga mampu untuk dapat membeli LPG non subsidi dengan varian bright gas 5,5 dan 12 kg atau tabung biru 12 kg serta tabung 50 kg untuk hotel dan restaurant.

Pertamina terus berupaya menyalurkan elpiji kepada masyarakat dan bila ada keluhan terhadap pelayanan Pertamina di tingkat Agen atau pangkalan LPG dapat menghubungi kontak Pertamina 1-500-000 atau melalui email ke pcc@pertamina.com.