Belasan Sekolah Di Siak Terima Bantuan Pemerintah Untuk Rehabilitasi Bangunan

id belasan sekolah, di siak, terima bantuan, pemerintah untuk, rehabilitasi bangunan

Belasan Sekolah Di Siak Terima Bantuan Pemerintah Untuk Rehabilitasi Bangunan

Siak (Antarariau.com) - Sebanyak 19 sekolah di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat untuk rehabilitasi ruang kelas dan perpustakaan yang rusak.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak Lukman di Siak, Kamis mengatakan setidaknya ada 15 SD dan empat SMP di Kabupaten Siak pada tahun 2017 ini akan direhab, diantaranya ruang kelas, dan perpusatakaan.

"Pembangunan serta rehabilitasi sekolah ini berdasarkan hasil peninjauan oleh Dinas Pendidikan di lapangan, sekolah mana yang memang perlu dan diprioritaskan pembangunan serta perbaikannya, lalu dikirim data-data ke Kementerian" katanya.

Dia memaparkan, timnya mengsurvei dan mendata sekolah-sekolah yang kategori kerusakannya sudah rusak berat, untuk dikirimkan foto-foto beserta data kelengkapan lainnya. Pihak Kemendikbud lah yang menyeleksi berapa jumlah disetujui.

Dia katakan lagi, bantuan rehabilitasi untuk 15 SD tersebut dianggarkan sebesar Rp5 miliar, kelas yang akan diperbaiki sebanyak 51 ruang, dan tiga perpustakaan.

"Untuk persentase kerusakan bangunan di SD tersebut berkisar antara 40-60 persen," sebutnya lagi.

Sedangkan pelaksana kegiatannya, lanjut Lukman, rehabilitasi di masing-masing sekolah dikerjakan secara swakelola, berdasarkan petunjuk teknis kegiatan itu.

"Kemendikbud menargetkan rehabilitasi ruang kelas yang rusak di sekolah tersebut selesai dikerjakan dalam tahun ini," ungkapnya lagi.

Tidak hanya itu katanya melanjutkan, Kemendibud menambah lagi kouta sekolah yang akan mendapat bantuan rehabilitasi. Pihaknya mengajukan tambahan sebanyak 12 SD. Namun yang hanya disetujui pemerintah pusat cuman 10 sekolah.

"Dari 10 SD yang telah disetujui, baru lima yang sudah clear (oke), sisanya masih menunggu tandatangan nota kesepahaman," katanya lagi.

Sementara untuk SMP, empat sekolah yang mendapat bantuan rehabilitasi diantara SMP 2 Sungai Apit, SMP 5 Sungai Apit, SMP 1 Koto Gasip. Ketiga sekolah tersebut pembangunan perbaikannya sudah berjalan. Sedangkan di SMP 1 Siak baru masuk pengerjaannya.