Pemko Dumai Terima Bantuan 50 Unit Kios Dari Pertamina

id pemko dumai, terima bantuan, 50 unit, kios dari pertamina

Pemko Dumai Terima Bantuan 50 Unit Kios Dari Pertamina

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Bangunan kios sebanyak 50 unit resmi diserahkan PT Pertamina RU II kepada Pemerintah Kota Dumai untuk dikelola dan ditempati pedagang terdata berjualan jajanan dan oleh oleh khas daerah, Senin.

Penyerahan bangunan kios bantuan dana CSR senilai Rp290 juta ini dilakukan General Manager Pertamina RU II Otto Gerenteka kepada Wali Kota Dumai Zulkifli As, di Taman Pasar Buah Lepin Jalan Jenderal Sudirman.

"Bantuan ini wujud komitmen pertamina dalam program pemberdayaan masyarakat agar aktivitas pedagang aman, nyaman dan menekan resiko kecelakaan karena sebelumnya berjualan di pinggir jalan," kata GM RU II Otto Gerenteka.

Dijelaskan, bangunan kios ini selanjutnya diserahkan ke pemerintah daerah agar bisa dimanfaatkan dengan merelokasi pedagang di lokasi layak dan ideal serta strategis, diharap juga bisa meningkatkan omset penjualan.

Program kemandirian masyarakat, lanjutnya, bagi Pertamina sangat penting karena diharap dapat berdampak positif dan optimal untuk pembangunan dan ekonomi kerakyatan di lingkungan sekitar.

"Kita memprioritaskan empat pilar dalam CSR, yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan dan pemberdayaan masyarakat, diharap bermanfaat penuh bagi warga dan menciptakan mandiri ekonomi," sebutnya.

Sementara, Wali Kota Dumai Zulkifli As mengapresiasi kepeduliaan perusahaan nasional pertambangan minyak bumi dan gas ini karena telah membantu menyediakan bangunan kios bagi pedagang sentra jajanan dan oleh oleh khas daerah.

Bangunan kios ini nantinya akan dikelola oleh dinas perdagangan dan prioritas pedagang pindahan dari lokasi awal menduduki lahan Pertamina RU II di pinggir Jalan Raya Bukit Datuk.

"Ini salah satu upaya menangkap usaha mikro dan dapat dilanjutkan ke dalam kerjasama usaha dengan pemerintah dengan menawarkan hasil kreasi, makanan, dan minuman asli produk dumai," kata wali kota.