Diskes Riau Latih Kader Desa Aktif PHBS

id diskes riau, latih kader, desa aktif phbs

Diskes Riau Latih Kader Desa Aktif PHBS

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau melatih puluhan kader desa dari beberapa kelompok kerja sebagai menjadi pion Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di wilayah pedesaan dan pelosok setempat.

Tujuannya mensukseskan program promotif dan prepentif Diskes Riau dan berperan aktif dalam setiap gerakan masyarakat dalam rangka mencapai perilaku hidup sehat individu, dan keluarga.

"Peningkatan derajat kesehatan masyarakat dapat dicapai dengan adanya kemandirian untuk PHBS, " kata Sekretaris Diskes Provinsi Riau, Ruswaldi pada acara pertemuan Peningkatan Kinerja bagi Pengurus Pokja Kabupaten/Kota Program Desa/Kelurahan Siaga Aktif dan Sosialisasi Pedoman Teknis Pemanfaatan Dana Desa untuk Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) tahun 2017, di Pekanbaru Selasa.

Ia mengatakan pembangunan kesehatan dilakukan melalui upaya komprehensif salah satunya melalui promosi kesehatan. Sehingga harus ada kebijakan publik yang berwawasan kesehatan, serta penerapan perilaku Hidup Bersih dan Sehat di masyarakat.

"Promosi kesehatan ini harus terintegrasi dengan lintas Program, lintas sektor, swasta dan masyarakat," jelasnya.

Lanjut Ruswaldi, Pembinaan PHBS di rumah tangga merupakan salah satu indikator keberhasilan Desa/Kelurahan Siaga Aktif.

."Berdasarkan data Diskes Provinsi Riau, Desa/Kelurahan Siaga Aktif berdasarkan tahapan Pratama 51 %, Madya 17 %, Purnama 14,1 % dan mandiri 6,7 % sedangkan sisanya 11,2 % desa tidak aktif," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana Rozita mengatakan kegiatan ini diikuti oleh penanggung jawab program promkes Diskes Kabupaten/Kota, Pengurus Pokja Kabupaten/Kota Desa/Kelurahan siaga aktif & Posyandu, Kader Desa/Kelurahan siaga aktif & Posyandu kab/Kota, DPMD Kabupaten/Kota dan Lintas Sektor dan Lintas Program di lingkungan Pemprov Riau di 12 Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.

"Diharapkan dengan kegiatan ini mampu meningkatkan kinerja penanggung jawwb promosi kesehatan Diskes Kab/Kota, Penanggung Jawab DPMD Kab/Kota, Pengurus Pokja, Kader, Lintas Sektor dan program terhadap kegiatan posyandu dan desa/Kelurahan siaga aktif," ujar Rozita yang menjabat sebagai Kasi Promkes Diskes Provinsi Riau ini.

Selain itu dari pertemuan ini nantinya dapat diketahui permasalahan kegiatan yang dihadapi di lapangan.

"Sehingga akhirnya nanti kita bisa mencari pemecahan masalahnya seperti apa," pungkasnya.