Perbaikan Bandara Dumai Direncanakan Dimulai Oktober Ini

id perbaikan bandara, dumai direncanakan, dimulai oktober ini

Perbaikan Bandara Dumai Direncanakan Dimulai Oktober Ini

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Dinas Perhubungan Kota Dumai menyebutkan pembenahan fasilitas dan infrastruktur Bandara Pinang Kampai bakal dimulai Oktober 2017, dan pembenahan itu bekerjasama dengan Pertamina untuk peningkatan pelayanan transportasi udara.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Dumai Asnar mengatakan, kegiatan pengembangan fasilitas dan infrastruktur bandara ini menyusul disepakati bersama PT Pertamina untuk memberikan pelayanan nyaman dan memuaskan masyarakat.

"Direncanakan oktober dimulai pembenahan sarana dan fasilitas bandara dan diperkirakan menelan banyak biaya," kata Asnar kepada wartawan, Jumat.

Dijelaskan, pengelolaan bandara oleh Pemerintah Dumai sejauh ini masih pinjam pakai dari PT Pertamina selaku pemilik, karena itu untuk pengembangan dilaksanakan dengan menjalin kesepakatan bersama.

Upaya peningkatan fasilitas dan infrastruktur bandara disepakati ditanggung oleh Pertamina ini dilakukan mengingat mulai meningkatnya aktifitas penerbangan komersil dilayani dua maskapai pesawat, yaitu Trans Nusa Dumai-Halim Perdana Kusuma dan Wings Air rute Dumai-Medan, Batam.

"Pembenahan dilakukan misalnya pencahayaan, terminal penumpang dan landasan pacu serta areal parkir agar bisa disinggahi lebih banyak pesawat," sebutnya.

Sebelumnya, Wali Kota Dumai Zulkifli As menyatakan, kesepakatan peningkatan fasilitas bandara dengan Pertamina dalam rangka peningkatan pelayanan jasa transportasi udara, disamping itu mengingat perkembangan penerbangan komersil semakin membaik.

"Pemkot dumai mendukung penuh rencana peningkatan fasilitas dan pengembangan kawasan di bandara ini karena memiliki prospek bagus dan perlu untuk menangkap peluang bisnis serta upaya peningkatan pelayanan," kata wali kota baru ini.

Dia berharap secepatnya rencana pengembangan kawasan dan perluasan bandara ini terealisasi agar masyarakat dapat menikmati pelayanan penerbangan yang aman dan nyaman serta mendukung pelaku bisnis.

Data dari Otoritas Bandara PK, diketahui jumlah kunjungan penumpang pesawat semakin meningkat dan mulai banyak diminati masyarakat, dengan rata-rata mencapai 200 orang per hari, dan ini membuktikan suatu kemajuan.