Kapolda Riau Soroti Tingginya Keluhan Masyarakat Terhadap Kepolisian

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kepala Kepolisian Daerah Riau, Brigjend Pol Nandang mengunstruksikan kepada jajarannya untuk meminimalisir keluhan masyarakat terhadap kepolisian dengan meningkatkan pelayanan penanganan perkara.

"Yang pertama di reserse banyak mendapat keluhan masyarakat. Diharapkan pelayanan ditingkatkan untuk memininalisir keluhan masyarakat," kata Kapolda dalam amanatnya ketika serah terima jabatan empat pejabat utama Polda Riau dan lima kepala kepolisian resor di Pekanbaru, Jumat.

Dia berharap pejabat wilayah yang baru mampu membaca keinginan masyarakat dan menjawab harapan tersebut. Untuk mengurangi keluhan masyarakat itu, maka lanjutnya lakaanakanlah amanah soal terkait apa yang telah disampaikan masyarakat tersebut.

Menurutnya polisi tidak boleh ada keberpihakan, tidak profesional dan ptoporsional dalam menangani perkara. Meski begitu untuk sampai ke tingkat pelayanan yang memuaskan, hal itu mengkin susah karena polisi bukan pemuas.

"Sepanjang masih dalam koridor hukum tidak masalah masyarakat tidlak puas, karena polisi bukan pemuas," ujarnya.

Terkait penyelidikan dan penyidikan yang lama, dia mengatakan selama bukti belum cukup ditemukan itu tidak masalah. Tapi yang masalah adalah jika penyelidikan dan penyidikan tidak dilakukan dan dibiarkan mengambang tidak ada kejelasan.

"Wajib diberitahukan perkembangan penanganan perkara, batas waktunya memang tidak dihitung. Kalau sudah lidik harusnya diinformasikan sehingga tak menimbulkan satwa sangka fitnah," ucapnya.  

Dalam acara sertijab tersebut, empat jabatan baru di Polda Riau adalah Direktur Reserse Kriminal Umum, Direktur Kriminal Khusus, Kepala Biro Operasi, dan Kepala Satuan Brimob. Sedangkan jabatan lima kapolres yakni untuk kepala satuan wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, Siak, Kepulauan Meranti, Rokan Hilir, dan Kota Dumai.