45 Kebakaran Landa Pekanbaru Selama 2010

id 45 kebakaran, landa pekanbaru, selama 2010

Pekanbaru, 18/5 (ANTARA)- Kepala Dinas Pemadaman Kota Pekanbaru, Riau, Syafril Nawawi di Pekanbaru, Selasa, mengatakan, selama Januari-April 2010 terjadi 45 kasus kebakaran di kota itu dengan kerugian material mencapai Rp5 miliar lebih.

Pada Januari terjadi 10 kasus, Februari 12 kasus, Maret 11 kasus dan April 12 kasus, sedangkan untuk Mei belum terjadi musibah seperti itu.

"Kebakaran sebagian besar disebabkan arus pendek listrik yang mencapai 15 kasus dan 30 kasus lainnya masih sedang diselidiki polisi," jelasnya.

Ia juga mengatakan, kelalaian masyarakat juga menjadi faktor utama terjadinya kebakaran di Ibu Kota Riau ini, terlebih jika pihak PLN menerapkan pemadaman bergilir di Pekanbaru.

Syafril mengingatkan, selama musim kemarau panjang beberapa bulan ke depan, masyarakat diminta tidak melakukan pembakaran lahan karena sulit untuk melakuan pemadaman terhadap lahan tersebut.

"Selama tiga bulan ke depan, masyarakat diharapkan tidak membakar lahan serta cepat tanggap bila terjadi arus pendek pada listrik," pintanya.

Sementara itu, Jones, salah seorang warga Pekanbaru yang tinggal di Sukajadi mengharapkan PLN tidak melakukan pemadaman terutama pada malam hari karena akan banyak warga yang menggunakan lilin untuk penerangan dan ini rentan terjadi kebakaran.

"Penggunaan lilin sangat rawan sekali. Pada tahun lalu, ada dua rumah di daerah ini yang musnah terbakar karena api dari lilin," ujarnya.