1 Muharram Di Pekanbaru Disemarakkan Tabligh Akbar Pelajar Madrasah IbtidaiYyah

Pekanbaru (Antarariau.com) - Puluhan pelajar Madrasah IbtidaiYyah se-Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, menggelar pawai dan tabligh akbar dalam menyemarakkan 1 Muharram atau tahun baru Islam 1439 Hijriah.

"Arak-arakan diikuti peserta dari empat Madrasah Ibtidayyah di Kecamatan Tenayan  Raya di antaranya MI Hubbullah, MI Al Ikhwan, MI Az Zahidin, MI Ar Rahman," kata Kepala Kantor Kemenag Pekanbaru, H Edward di Pekanbaru, Sabtu.

Peringatan 1 Muharram 1439 Hijriah --disakikan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Riau itu, bertemakan "Kita Wujudkan generasi yang bertamaddun cemerlang gemilang terbilang".

Menurut  H Edward, kegiatan ini digelar oleh forum kerja Kepala Madrasah se- Kecamatan Tenayan Raya yang bertujuan untuk memperkenalkan madrasah pada masyarakat agar Madrasah Ibtidayyah lebih dikenal oleh semua lapisan masyarakat sesuai dengan slogan yang selalu digaungkan  bahwa "madrasah lebih, lebih baik madrasah".

Ia mengatakan, kegiatan ini sekaligus motivasi Kepala madrasah di kota Pekanbaru dalam mensyiarkan Islam dalam rangka perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H oleh masyarakat.

"Penyambutan tahun baru Islam dengan semarak ini membuktikan Pekanbaru sebagai  kota madani, denyutnya sudah mulai dirindukan dan dirasakan oleh masyarakat," katanya.

Ia menekankan bahwa melalui pawai dan tabligh akbar yang melibatkan masyarakat dan wali santri dapat menjadi spirit positif bagi yang madrasah lainnya di Pekanbaru. Selain itu  menimbulkan kecintaan orang tua terhadap madrasah ibtidaiyah semakin tinggi.

"Saya berharap masyarakat bisa meyakini dan menjadikan madrasah ini sebagai wadah, sebagai upaya preventif dalam menangkal perbuatan menyimpang remaja serta penyalahgunaan narkoba yang kini sudah dalam kondisi darurat itu," katanya.

Pendidikan di MI, katanya lagi, mengedepankan nilai nilai Islam dalam proses pembelajaran sehingga visi madrasah ibtidayyah dalam mendidik anak menjadi generasi memiliki kecerdasan otak juga memiliki kecerdasan hati, dan berakhlakul karimah.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Riau Ahmad Supardi mengatakan, acara ini sekaligus memperkuat tali silaturahim  dan diharapkan tentunya  kegiatan tersebut akan menjadi agenda rutin setiap tahun.

"Selain untuk tingkat kecamatan, ke depan bisa dilaksanakan khusus untuk tingkat Kota Pekanbaru, sehingga gaung madrasah akan lebih menggema keseluruh pelosok tanah melayu ini," katanya.