Tugboat Perusahaan Bantu Pemadaman Api Kapal Kargo

id tugboat perusahaan, bantu pemadaman, api kapal kargo

Pekanbaru, 18/5 (ANTARA) - Sejumlah armada pemadam kebakaran (PMK) milik perusahaan di Kota Dumai, Riau masih membantu upaya pemadaman api yang membakar satu unit kapal kargo di perairan laut Dumai, Selasa, (18/5) pagi.

"Sedikitnya ada dua tugboat PMK masing-masing milik Pertamina dan Pelindo untuk memberikan pertolongan memadamkan api kapal kargo dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI)," ujar Humas Administrator Pelabuhan Dumai, Jufrizal, ketika dihubungi ANTARA dari Pekanbaru, Selasa.

Kapal kargo yang terbakar itu merupakan kapal layar motor (KLM) dengan nama KM Kincir Mas 1 yang memiliki tanda selar bernomor 405/PPE itu dengan mesin berkapasitas 178 Gross Ton (GT).

Kapal yang sehari-hari membawa kebutuhan pokok dari kegiatan ekspor-impor dari Pelabuhan Dumai, Riau menuju Port Klang, Penang, Malaysia terakhir kali berangkat tercatat pada tanggal 12 Mei 2010 yang dinakhodai Muhammad Ilham.

Sebelumnya juga terdapat dua tugboat milik masyarakat yang membantu memadamkan kobaran api beberapa saat setelah KM Kincir Mas 1 terbakar.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Administrator Pelabuhan Dumai dari perusahaan pelayaran yang mengoperasikan kapal naas itu menyebutkan jumlah anak buah kapal (ABK) KM Kincir Mas 1 sebanyak 15 orang.

Dari 15 orang ABK itu, hanya seorang masih dinyatakan hilang yang bernama Lim Hook Seng yang bertugas sebagai kepala kamar mesin.

"Hanya kepala kamar mesin yang masih dalam proses pencarian, sedangkan 14 ABK lain dinyatakan selamat setelah terjun ke laut dan diselamatkan oleh masyarakat," jelas Jufrizal.