Pemkab Inhil Berikan Bantuan Kapal Motor Fiber Untuk Nelayan

id pemkab inhil, berikan bantuan, kapal motor, fiber untuk nelayan

Pemkab Inhil Berikan Bantuan Kapal Motor Fiber Untuk Nelayan

Pulau Cawan (Antarariau.com) - Sejumlah nelayan di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau menerima bantuan dari pemerintah setempat berupa 10 unit kapal motor Fiber.

Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, Muhammad Wardan saat menyerahkan bantuan Kapal Motor fiber bertipe mesin GT 2, Minggu (24/9) menyebutkan, bantuan itu diserahkan guna mendukung segala aktifitas yang dilakukan oleh para nelayan.

"Alhamdulillah, kita bisa menyerahkan sejumlah bantuan kapal motor bagi para nelayan kita. Tentunya, ini berguna untuk menunjang aktifitas mereka sebagai nelayan saat mencari ikan di laut," kata Wardan usai menyerahkan bantuan di Desa Pulau Cawan.

Ia menuturkan, aktifitas mencari ikan yang dilakoni oleh para nelayan, sejatinya dapat berdampak positif terhadap ekosistem laut, khususnya di perairan Indragiri. Sebab, hal tersebut berfungsi sebagai penyeimbang ekosistem dari jumlah populasi ikan yang ada di perairan Indragiri.

Melalui bantuan yang diberikan, Wardan berharap nelayan yang telah menerimanya akan dapat menjalankan rutinitas mencari ikan secara optimal sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan para nelayan lokal.

"Kita berharap bantuan kapal motor yang diberikan dapat bermanfaat meningkatkan hasil tangkapan sehingga pendapatan sehari-hari para nelayan akan turut meningkat yang berimbas positif pada peningkatan kesejahteraa nelayan-nelayan lokal kita," ujarnya.

Disamping itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Inhil, Mukhtar T menjelaskan, bantuan kapal motor fiber bertipe mesin GT 2 diberikan dengan alasan, kapal motor dengan tipe mesin GT diatasnya, seperti GT 5 akan memakan biaya operasional yang lebih tinggi.

"Kalau GT 2 biaya operasionalnya relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan GT diatasnya. Selain itu, GT 2 juga ideal untuk digunakan para nelayan dalam menangkap ikan di areal 5 sampai 7 mil laut. Jadi, memang GT 2 lah pilihan yang tepat untuk diberikan bagi nelayan-nelayan kecil lokal kita ini," terang Mukhtar T.

Untuk diketahui, sejumlah nelayan yang mendapatkan bantuan Kapal Motor Fiber GT 2 adalah mereka yang terhimpun dalam 10 kelompok Usaha Bersama (KUB).

Adapun 10 KUB tersebut adalah KUB Ikan Lome, Desa Bekawan, Kecamatan Mandah. KUB Pulau Cawan, Desa Pulau Cawan, Kecamatan Mandah. KUB Pulau Kelayang, Desa Belaras, Kecamatan Mandah. KUB Pulau Ruku Jaya, Desa Pulau Ruku, Kecamatan Reteh. KUB Mamiri, Desa Kuala Patah Parang, Kecamatan Sungai Batang.

Selanjutnya, KUB Pulau Baso, Desa Sungai Bela, Kecamatan Kuindra. KUB Kijang Putih, Desa Sungai Iliran, Kecamatan GAS. KUB Pulau Air Tawar, Desa Sungai Buluh, Kecamatan Kuindra. KUB Mona Lestari, Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah. KUB Concong Dalam, Desa Concong Dalam, Kecamatan Concong. (ADV)