Sumbangan Untuk Rohingya Yang Berhasil Dikumpulkan Kemenag Riau mencapai Rp174.697.900

id sumbangan untuk, rohingya yang, berhasil dikumpulkan, kemenag riau, mencapai rp174697900

Sumbangan Untuk Rohingya Yang Berhasil Dikumpulkan Kemenag Riau mencapai Rp174.697.900

Pekanbaru (Antarariau.com) - Berdasarkan penggalangan dana Rohingya yang telah dilakukan sejak beberapa hari terakhir, Kemenag Provinsi Riau pada satker-satker di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten dan Kota, KUA, Madrasah kini sudah mencapai Rp174.697.900.

"Masih demi bantuan kemanusiaan Rohingya, Kanwil Kemenag Riau masih memperpanjang waktu pengumpulan bantuan kemanusiaan itu hingga akhir September 2017, " kata Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag Riau HM Saman S Sos M SI, di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, bantuan dihimpun sesuai surat edaran Kepala Kantor Wilayah Kemenag Riau, sehingga sisa 7 hari lagi harus dimanfaatkan oleh daerah untuk segera menyerahkan hasil penggalangan dananya ke Kanwil Kemenag Riau.

Ia mengatakan, hingga H-5 batas akhir penggalangan dana di lingkungan Kanwil Kemenag Riau sudah terkumpul Rp.174.697.900 berasal dari dari beberapa Kabupaten/ Kota dan Madrasah di Riau.

"Untuk Kabupaten dan Kota atau madrasah yang belum menyampaikan bantuannya, kita himbau agar segera mengantarkannya ke Kanwil Kemenag Riau," katanya.

Sebab katanya, diperkirakan 4 Oktober 2017 bantuan terkumpul akan diserahkan langsung ke Kemenag RI untuk diteruskan ke Kemenlu RI yang selanjutnya akan disalurkan ke Rohingya.

Menurut Kepala Kanwil Kemenag Riau, Ahmad Supardi Hasibuan, kalau kita berangkat langsung kesana tentu akan membutuhkan biaya besar sehingga penyaluran bisa saja dilakukan melalui Kemenag Pusat atau MUI.

Ia mengatakan, bantuan yang masuk memang tidak seberapa jumlahnya. "Tapi jangan dilihat dari jumlah nominalnya, lihatlah dari kepedulian dan niat yang dilakukan," katanya.

Pada kesempatan itu, Ahmad Supardi Hasibuan menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas perlakuan intimidasi dan kekerasan yang dilakukan oleh oknum militer Myanmar terhadap muslim Rohingya.

"Kita sangat berharap bantuan ini akan sampai ke Myanmar sehingga bantuan ini tidak sia-sia dan berharap pemerintah Indonesia bersatu bergerak bersama melakukan langkah konkrit agar kekerasan yang terjadi bisa dihentikan," katanya.