Ratusan ASN Bengkalis Gelar Sholat Taubat Masjid Agung Istiqomah

id ratusan asn, bengkalis gelar, sholat taubat, masjid agung istiqomah

Ratusan ASN Bengkalis Gelar Sholat Taubat Masjid Agung Istiqomah

Bengkalis (Antarariau.com) - Ratusan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, mengikuti sholat sunat taubat, sholat dhuha dan sholat sunat tasbih berjamaah di Masjid Agung Istiqomah Bengkalis, Kamis.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Bengkalis, Johansyah Syafri menyebutkan bahwa, solat berjamah tersebut merupakan acara rutin yang digelar setiap bulannya seluruh PNS di pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Sebelum melaksanakan sholat sunat taubat, sholat dhuha dan sholat sunat tasbih berjamaah, terlebih dahulu para jamaah dan ratusan PNS yang hadir diberikan arahan terkait dengan tata cara melaksanakan sholat-sholat sunat tersebut.

Pelaksanaan sholat sunat tersebut diimamkan langsung oleh Imam Masjid Agung Istiqomah Bengkalis Ustadz Ghufronuddin.

"Sholat sunat taubat merupakan Sholat yang dikerjakan dengan jumlah minimal 2 Rakaat dan maksimal dikerjakan sebanyak 6 Rakaat. Perbedaan antara Shalat Sunah Taubat dengan Shalat Sunah Taubat Nasuha sendiri tidak ada perbedaan, karena Shalat Sunah tersebut merupakan Shalat Sunah yang sama hanya saja terdapat perbedaan kalimat Nasuha," kata Imam Masjid Agung Istiqomah Bengkalis, Ghufronuddin di Bengkalis, Kamis.

Dia mengatakan, pengertian sholat Taubat Nasuha sendiri adalah seorang muslim yang mencoba untuk bertaubat dan memohon ampunan Allah SWT dari perbuatan dosa besar yang sudah mereka lakukan dan setelah melakukan taubat tersebut mereka benarbenar berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan dosa mereka lagi dan benarbenar menyesal telah melakukan perbuatan dosa tersebut.

Adapun jenis perbuatan dosa yg masuk ke dalam kreteria dosa besar antara lain durhaka kepada orang tua, Syirik, Musrik, zina, Membunuh, Memakan harga anak yatim atau piatu, serta Korupsi dan masih banyak lagi.

"Sebaiknya sholat sunat taubat dikerjakan setelah mengerjakan Sholat Isya atau di tengah malam sehingga bisa mengerjakan Sholat Taubat dengan tenang dan khusyuk," ujarnya.

Imam Masjid Istiqomah Bengkalis ini menjelaskan, Waktu Sholat Dhuha sendiri bisa dikerjakan saat matahari sedang terbit atau tepatnya sekitar pukul 07.00 pagi sampai masuk waktu shalat Zhuhur lebih tepatnya kurang dari jam 12.00 siang.

"Sehingga jika kita ingin mengerjakan Sholat Dhuha ini ada baiknya sekitar jam 08.,0010,00 pagi," katanya.

Sedangka keutamaan Sholat Dhuha sendiri lanjutnya lagi adalah untuk memperlancarkan, melapangkan dan mempermudahkan suatu rezeki dan menghapus dosa-dosa.